10 Tips Selfie Yang Aman

10 Tips Selfie Yang Aman
10 Tips Selfie Yang Aman

10 Tips Selfie Yang Aman  – Liburan akan terasa tidak lengkap tanpa kamera. Ya, di zaman sekarang ini kita hanya butuh kamera smartphone untuk mengabadikannya. Kemudahan inilah yang membuat banyak orang berlomba-lomba memamerkan aktivitas dan keberadaannya di tempat wisata.  Dalam istilah modernnya, tindakan ini disebut dengan tren selfie.

Namun menjadi tidak aman bila tren selfie ini justru menjadi tragedi mengerikan bagi yang melakukannya. Kasus kematian akibat selfie sudah banyak terjadi, khususnya mereka yang suka menjelajahi tempat-tempat ekstrim. Tak ada yang salah memang dengan ber-selfie ria asal tetap mengutamakan keselamatan saja.

Untuk itu Anda patut memperhatikan tips ini sebagai kiat aman saat selfie di tempat wisata ekstrim.

 

  1. Perhatikan Lokasi Selfie

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk menjadikan aktivitas selfie ini aman adalah lokasi. Dalam beberapa kasus selfie yang berujung pada kecelakaan memang terjadi atau berada pada lokasi yang membahayakan, seperti tebing, puncak gedung, dan tempat berbahaya lainnya. Foto selfie yang mengharuskan kita untuk tetap fokus pada kamera yang dipegang membuat lokasi yang kita jadikan tempat selfie bisa mengancam kita jika kita tak waspada.

Maka untuk membuat aktivitas selfie ini menjamin keamanan bagi diri Anda maka sebaiknya hindari lokasi-lokasi yang berbahaya tadi. Selain memilih tempat yang aman, Anda juga harus memperhatikan lingkungan disekitar Anda, jangan sampai aktivitas selfie Anda justru mengganggu orang di sekeliling Anda.

 

  1. Lihat kondisi alam dan cuacanya

Kadang kala Anda akan terbawa situasi ketika melihat keindahan pemandangan di depan mata. Anda lupa jika kondisi di sekitarnya bisa sangat berbahaya, seperti tebing yang curam, hutan yang rimbun atau binatang buas yang bisa mengancam keselamatan. Anda juga bisa saja memaksakan untuk berselfie ria padahal kondisi cuaca masih sangat buruk, seperti tanah dan jalanan yang licin, terik matahari yang menyengat atau suhu udara yang sangat dingin. Akan lebih baik jika Anda memeriksa terlebih dahulu apakah tempat itu aman dan cuacanya mendukung untuk diabadikan.

 

  1. Gunakan Aksesori Pendukung Selfie yang Orisinil

Selfie yang kemudian berkembang dengan munculnya aksesoris pendukung seperti tongsis atau drone misalnya juga bisa mempengaruhi keamanan Anda. Kenapa? Ini karena asesori pendukung selfie yang ada kini banyak yang dipalsukan, terutama pada perangkat tongsis. Beberapa kasus kecelakaan selfie yang ada telah membuktikan bahwa penggunaan tongsis yang tidak memenuhi standar bisa mencelakai penggunanya.

Maka dari itu Anda harus berhati-hati saat membeli tongsis. Belilah tongsis dari produsen ternama dan penjual yang terpercaya. Belilah tongsis dengan bahan yang kokoh, serta memiliki pegangan dan pengait yang kuat agar Anda dan perangkat Anda tidak mengalami kecelakaan.

 

  1. Pastikan Perangkat Telah Diatur dan Dipegang Dengan Benar

Aktivitas selfie yang menjadikan kamera sebagai senjata utama harus telah diatur dan diset sedemikian rupa untuk menjamin keamanan saat Anda selfie. Beberapa kasus kecelakaan yang terjadi saat selfie terjadi karena pelaku melakukan pengaturan yang justru membahayakan dirinya saat posisi selfienya siap namun tak mendukung tangan mereka melakukan pengaturan ulang kamera atau #smartphone.

Maka dari itu sebelum selfie, atur dan pastikan dulu bahwa pegangan Anda pada smartphone atau kamera telah kuat dan mencengkram. Jangan sampai karena Anda tak kuat memegang kamera, Anda dibuat panik saat perangkat jatuh dan justru membahayakan Anda sendiri.

 

  1. Lakukan Selfie Dengan Cepat Tanpa Pose Ekstrem

Selain lokasi, perangkat dan asesori, teknik dan cara pengambilan gambar juga mempengaruhi tingkat keamanan pelakunya. Lakukan pengambilan gambar yang tidak ekstrem dengan posisi yang tepat dan cepat. Pengambilan gambar selfie dengan teknik dan posisi yang salah dan terlalu lama memiliki resiko yang buruk.

Beberapa kasus kecelakaan selfie yang ada seringkali terjadi karena pelaku melakukan teknik pengambilan gambar yang ekstrem. Dengan posisi tubuh yang tidak mendukung, sudah pasti teknik pengambilan ini sangat berbahaya.

Maka dari itu lakukan sefie dengan hal-hal yang sederhana saja, jangan berlebihan dan over acting. Ini akan membantu Anda lebih aman dari mara bahaya yang bisa menimpa siapa saja.

 

  1. Jangan abaikan larangan

Banyak kali dari para pelancong yang bertindak sesuka hati tanpa memperhatikan tata tertib yang ditetapkan di wisata tujuan. Anda sepatutnya harus aware (menyadari, red) dengan hal terkecil sekalipun yang diberlakukan di tempat tujuan wisata. Salah satunya, perhatikan papan-papan larangan atau peringatan di sekitar wisata seperti dilarang memanjat tebing atau berfoto di area hutan dengan binatang liar.

 

  1. Ekstra hati-hati

Berkaca dengan kasus Erri, mahasiswa Atma Jaya yang ditemukan tewas di kawah Merapi beberapa pekan silam, maka Anda dihimbau untuk ekstra berhati-hati saat tengah selfie ketika mengunjungi tempat-tempat ekstrim seperti gunung. Tak ada salahnya mengabadikan foto dengan latar dan pose yang menunjukkan gagahnya Anda di tebing yang tinggi atau di puncak gunung. Namun tetaplah mengutamakan keselamatan. Jika Anda suatu kali mendaki gunung atau air terjun yang berada di kedalam hutan belukar, perhatikan pijakan kaki di tempat dimana Anda berdiri. Usahakan untuk berpegang benda yang kokoh.

Melihat keindahan suatu tempat tentu akan mengundang Anda untuk segera mengabadikannya. Kondisi mental yang demikian justru akan menjadi petaka bagi Anda sendiri, sebab konsentrasi Anda akan hilang terhadap hal-hal di sekitar. Begitu pula saat hendak berpose, aturlah gaya sederhana dan tidak membahayakan. Heboh boleh saja, tetapi tetap fokus pada keselamatan Anda sendiri.

 

  1. Selfie saat momen yang pas

Jangan memaksakan diri apabila situasi tak lagi memungkinkan untuk mengabadikan foto. Penulis pernah memiliki pengalaman yang buruk ketika mendaki di salah satu gunung dengan tim. Kala itu kami terjebak dalam badai, keindahan puncak gunung pun tertutupi oleh awan dan hujan gerimis yang tak kunjung henti. Meski kecewa tak mendapatkan keindahan pemandangannya, namun penulis dan tim tak memaksakan diri untuk tetap mengitari sekitar dan berfoto ria. Karena kita menyadari bahwa konsekuensinya akan sangat buruk.

Jadi ada kalanya Anda memang harus menerima kenyataan bahwa perjalanan Anda tak selamanya sesuai dengan rencana Anda.

 

  1. Jaga sikap

Percaya atau tidak, alam pun bisa menilai kita. Saat kita bersikap terbuka dan rendah hati, alam pun akan menyambut kita dengan baik. Sebaliknya ketika kita bersikap sombong dan berhati buruk maka alam bisa saja murka. Ketika kita berkesempatan menjelajah satu tempat indah yang diidam-idamkan banyak orang, tetaplah bersikap sewajarnya. Jangan pernah membanggakan diri atau merasa angguh dengan pencapaian tersebut. Rasa syukur dan kerendahan hati menjadi poin utama yang seharusnya kita perlihatkan saat berada di suatu tempat.

 

  1. Unggah Foto Selfie di Tempat yang Aman

Terakhir, tips untuk menjalankan foto selfie adalah mengunggah foto selfie ditempat yang aman. Setelah selfie selesai dilakukan, maka umumnya kita akan mengunggah foto tersebut ke media sosial.

Nah banyak kasus kecelakaan terjadi saat proses pengunggahan ini karena pelakunya tak beranjak dari lokasi selfie. Maka seharusnya setelah selfie, Anda harus segera pindah dan mencari tempat yang aman untuk mengunggah foto selfie tersebut agar proses foto selfie Anda lancar dari awal sampai akhir.

Kita memang tak akan pernah tahu apa yang terjadi ke depan. Tetapi kita bisa saja mengelak dari maut atau bahaya yang menghadang jika saja kita tetap mawas diri dan berhati-hati.

Itulah 10 Tips Selfie Yang Aman ditempat wisata maupun di lokasi yang ekstrim. Selamat mencoba;

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.