fbpx

3 Seri Mesin Digital Printing Skyjet dan Keunggulannya

Mesin Digital Printing merk Skyjet buatan China ini juga di distribusikan oleh PT. ASABA. Seperti yang sudah banyak kita ketahui, setiap produk yang di distribusikan oleh perusahaan ini biasanya masuk kategori premium. Skyjet hadir dengan teknologi yang unik. Mesin digital printing ini merupakan satu-satunya yang mencetak di atas “drum” dengan posisi print head membentuk kurva (arc shape).

Saat ini seri yang di jual masih menggunakan teknologi print head yang bisa di bilang cukup lawas yaitu seri Xaar 128/200 dpi dan Xaar 128/360 dpi. Namun jika kita lihat lebih jauh Skyjet ini juga sudah ada yang di produksi dengan menggunakan print head Konica baik 14 pl maupun 42 pl.

Untuk pasar outdoor, Skyjet ini hadir dengan beberapa seri yang akan kami jelaskan secara umum berikut ini:

Skyjet Little Fairy

Skyjet Little Fairy hadir dengan Resolusi maksimum 720 dpi. Dengan masih menggunakan teknologi head Xaar seri 128/360. Konfigurasinya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan kecepatan produksi para pengguna.

Konfigurasi paling rendah adalah menggunakan 8 print head hingga maksimum 18 print head. Konfigurasi warna nya pun dapat diatur dengan pilihan 4 warna CMYK ataupun 6 Warna CMYK LcLm. Mesin digital printing ini merupakan entry level pada merk Skyjet karena memang kecepatannya masih bisa dibilang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan digital printing kelas menengah.

Seri yang banyak di pakai oleh pengguna di pasar Indonesia adalah dengan menggunakan konfigurasi 16 head dengan kecepatan cetak antara 25-30 meter persegi per jam nya. Dari fisik, mesin ini memang bisa di bilang super, bobotnya saja bisa mencapai lebih dari 1000 kg. Sudah barang tentu kestabilan mencetaknya juga pasti menjanjikan. Ukuran lebar cetak maksimum yang di sediakan hanya 3,2 meter saja.

Skyjet Old Master

Skyjet Old Master, dari namanya saja kita sudah bisa mengira bahwa mesin ini merupakan mesin digital printing seri lama. Namun ketangguhannya di user sangat bisa dibilang luar biasa. Tidak ada yang terlalu istimewa dari seri ini.

Dari Teknologi print head yang digunakan, mesin ini masih menggunakan seri Xaar 128/200 dpi. Ya memang mesin ini murni hanya untuk mencetak applikasi digital printing outdoor karena ukuran dot – nya pun masih besar.

Ditengah gemuruh teknologi print head dengan resolusi tinggi, Skyjet Old Master ini masih bisa disandingkan dengan produk serupa buatan Israel. Konfigurasi awalnya menggunakan 24 buah print head dan mampu mencapai kecepatan 50 meter persegi per jam. Pada konfigurasi tertingginya, mesin ini dapat di lengkapi hingga maksimum 48 buah print head.

Karena peruntukannya memang hanya untuk outdoor, mesin printing ini hanya menggunakan konfigurasi 4 warna CMYK. Namun, para pengguna dapat memilih ukuran lebar mesin sesuai kebutuhan yaitu 3,2 meter dan 5 meter. Mesin ini cocok untuk pemain digital printing dengan kapasitas produksi yang tinggi khususnya memang yang bergerak di bidang media luar ruang/outdoor.

Double Side

Skyjet Double side. Sesuai fungsinya Skyjet ini dapat mencetak pada dua permukaan sekaligus. Applikasi utamanya adalah untuk Backlight Printing agar hasil akhir cetakan tidak terdapat perbedaan / penurunan warna yang signifikan.

Teknik yang digunakan mesin digital printing ini seperti menggunakan 2 buah printer. Satu bagian untuk mencetak bagian belakang media sementara yang lain untuk mencetak bagian muka. Seri yang populer adalah Synchronous Double Side, artinya mesin ini mencetak sekali jalan.

Prosesnya, pada saat data di kirim dari komputer, maka bagian mesin yang akan mencetak bagian belakang akan jalan terlebih dahulu. Baru setelah titik awalnya tiba di bagian atas, barulah bagian depan gambar akan mulai dicetak. Jika kita mencetak lebih dari 2 meter, maka akan terlihat bagian atas dan bawah berjalan bersamaan/sinkron. Masih mengusung teknologi print head Xaar yang dapat di pilih antara 200 atau 360 dpi dan lebar mesin yang di tawarkan adalah 3,2m hingga maksimum 5 meter.

Dari segi ketepatan antara bagian depan dan belakang bisa dibilang sangatlah baik. Tentunya setelah kita melakukan penyesuaian sebelum mencetak supaya hasilnya maksimal. Dari keterangan yang kami dapat dari penggunanya, toleransi yang diberikan oleh pengguna akhir/klien mereka bisa hingga mencapai 5mm. Apalagi dilihat dari jarak yang sangat jauh. Pastinya 5mm sudah sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.