33 Desa Di Joga ini Rawan Di terjang Tsunami-Info Berita Printing

Info Berita Printing-Melihat Kota Yogyakarta yang berada di selatan pulau jawa menjadi wilayah yang di nilai berpotensi gempa dan tsunami karena keberadaanya yang dekat dengan pertemuan dua lempeng yaitu lempeng Indo-Australia dan lempeng Euroasia.Tercatat ada 33 desa di tiga kebupaten yang di minta waspada terhadap bancana ini.

-Info Berita Printing
-Info Berita Printing

Berdasarkan pemetaan yang di lakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pada tahun 2012 ada 33 desa yang di asumsikan di goyang gempa 8 SR memicu terjadinya gelombang tsunami dengan ketinggian 11 meter dan meiliki potensi terjangan air mencapai 2 sampai 3 kilometer dari bibir pantai.
Heri Siswanto Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DIY dalam jumpa pers “Workshop Penguatan UPT BMKG dan BPBD di Kantor BMKG, Yogyakarta, menegaskan dalam pemetaannya tercatat ada 2 kabupaten yaitu kulonprogo ada 10 desa di 3 kecamatan.Bantul ada 5 desa di 3 kecamatan dan gunung kidul ada 18 desa dari 6 kecamatan.
Sifat Gempa di Pulau jawa bagian selatan dinilai berbeda dengan sumatera dan daerah lannya ,yang mana bagian selatan pulau jawa menyimpan energi besar lantaran adanya pertemuan dua lempeng tadi.Bila terjadi gempa maka akan memicu tsunami di daerah tersebut meskipun di goyang gempa kecil.
Walau masih menjadi bahan penelitian ,namun pihaknya sepakat jika jawa memiliki sifat slow earthquake yang artinya dampak magnitude tidk terlihat tapi curahan tsunami cukup besar seperti banyuwangi 1994 dan pangandaran 2006