8 Kebiasaan Yang Dapat Menigkatkan Skill Desain Grafis

Info Percetakan – Menjadi seorang desain grafis yang penuh dengan karya desain cemerlang tentulah tidak mudah, sering kali banyak yang gagal menjadi desainer grafis profesional karena kurang mengeksplore kemampuannya, terlalu sedikit karya yang dihasilkan dan desain yang menonton tanpa kreatifitas.

Selain skill, berlatih dan terus belajar, mungkin ada beberapa yang memiliki bakat alami, untuk menjadi desainer grafis profesional yang penuh dengan karya-karya cemerlang ada baiknya jika Anda mencoba melatihnya dari kebiasanya Anda sehari-hari. Apa saja kebiasan tersebut berikut 8 kebiasaan yang bisa menambah skill Desain Grafis Anda.

1. Menjadi Kolektor.

Banyak hal yang menarik disekitar kita. Ketika menem ukan desain yang menarik dan menginspirasi, simpan itu. Baik itu gambar-gambar dari internet, poster, majalah, tabloid dll. Simpan dengan rapi dan tertata sehingga bisa dengan mudah diakses kapan saja. Jika Anda menyimpan file-file dari internet, manajemen folder sangat penting diperhatikan. Beri nama dengan jelas pada setiap folder masing-masing hal. Misalnya poster, brosur, manipulasi gambar dll.

Koleksi-koleksi yang Anda simpan tadi, suatu hari nanti terkadang akan sangat berguna ketika membuat sebuah desain produk.

2. Membeli Buku.

Koleksi buku sebanyak-banyaknya. Buku tidak akan busuk meskipun disimpan dalam waktu lama. Sisihkan uang jajan, dan buat target untuk membeli buku minimal 1 buku dalam setiap bulannya. Cari buku-buku yang menginspirasi, baik itu majalah maupun buku-buku desain yang sedang populer. Tidak rugi jalan-jalan sebulan sekali ke toko buku untuk melihat-lihat karya-karya desain yang sedang populer.

3. Membaca Blog Desain

Cara ini adalah cara paling ampuh untuk Anda yang tidak suka membaca buku atau ingin belajar secara gratis tanpa biaya. Carilah blog-blog yang mengupas tentang desain grafis untuk menemukan inspirasi baru dan tahu perkembangan desain grafis. Jika kebingungan, cukup ketik keyword di Google dan kamu akan dibawa menjelajahi dunia tanpa batas. Jangan lupa bookmark website atau blog yang menarik dan menginspirasi.

4. Bergabung dan Aktif di Komunitas Desain

Komunitas bisa menjadi sumber inspirasi yang luar biasa. Apalagi jika kamu seorang freelancer. Anda tentu butuh obrolan, kritik, saran dan berbagi. Tidak hanya mengekplore diri tetapi akan dengan cepat mengikuti perkembangan sehingga akan meningkatkan kemampuan sebagai desainer grafis.

Cobalah bergabung dengan komunitas desain di Kaskus, atau bergabung dengan banyak group di Facebook yang bertebaran. Jika kamu aktif di Twitter, tak ada salahnya kamu follow para master dibidang desain grafis.

5. Mengambil Banyak Foto Untuk Dokumentasi

Sebagai seorang desain grafis kita harus mempunyai bank foto yang lengkap. Tidak ada salahnya jika memanfaatkan kegiatan kita dengan mengabadikan setiap moment pada tempat yang kita kunjungi.

jangan lupa untuk selalu membawa foto digital setiap kita pergi, siapa tahu akan ada moment menarik yang bisa kita simpan sebagai bank foto kita. Dan bisa kita gunakan nanti ketika mendesain sebuah produk.

6. Membuat Proyek Palsu

Palsu disini bukan dalam arti negatif. Ketika kamu sedang banyak waktu luang, cobalah membuat sebuah proyek yang ditentukan sendiri. Pilih satu nama perusahaan lalu kerjakan proyeknya mulai dari logo, stationery sampai beberapa hal promosi yang memerlukan desain semisal brosur, poster, website, dan lain-lain.

Tidak ada keterbatasan disini, jadi berkreasilah seluas mungkin, out of the box. Tidak ada permintaan khusus dari klien atau aturan-aturan yang harus dipenuhi jadi buatlah karya fenomenal sesuai imajinasi liar Anda.

7. Redesain Karya Orang Lain

Ingat quote populer dari Ki hajar Dewantara. Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM). Terkadang kegiatan ini bisa memicu kemampuan pro aktif. Suatu kali Anda menemukan sebuah desain lalu muncul ide baru dari desain yang Anda lihat, cobalah mendesain ulang. Jika membuatnya menjadi lebih baik, maka Anda telah berhasil melawan keterbatasan pikiran.

8. Perbanyak Teman Desainer Grafis

Perbanyak teman desain grafis. Selain menghadiri beberapa seminar, gabung dengan komunitas. Anda bisa memulai dengan Add teman di facebook, twitter dan akum media sosial lain.

Anda bisa mulai search dengan kategori desain grafis, dan lihat profil-profil mereka. Jangan ragu untuk add sebanyak mungkin. Karena tak kenal maka tak sayang dan tak jarang order datang dari orang yang kita kenal.

3 thoughts on “8 Kebiasaan Yang Dapat Menigkatkan Skill Desain Grafis

  • January 28, 2018 at 17:09
    Permalink

    Muchos Gracias for your article post.Thanks Again. Cool.

  • January 29, 2018 at 12:35
    Permalink

    rANCLQ Im thankful for the blog post.Really thank you! Want more.

Leave a Reply

Your email address will not be published.