8 Software Pengolah Foto Selain Photoshop

Info digital Printing – Kata photoshop dalam lingkup orang yang sering bekerja dengan grafis (foto salah satunya) seolah sudah menjelma menjadi kata kerja. Sering kita mendengar kata seperti ini, “Mukaku lagi banyak jerawatnya nih, ntar kalau bisa tolong fotoku di photoshop ya biar mulusan dikit!” . Photoshop hampir selalu identik dengan mengolah foto dan mengolah foto identik dengan photoshop, bahkan orang awam pun tahu.

Namun ada beberapa masalah dengan photoshop yang barangkali beberapa dari anda sudah tahu, antara lain:

  • Mahal, photoshop secara resmi dijual di angka sekitar USD 600. Sementara photoshop versi setelah CS6 nantinya tidak akan bisa dibeli, dia harus disewa/rental (a.k.a Photoshop Creative Cloud dengan biaya setidaknya Rp. 200 ribu/bulan. Berapa persen dari anda yang menggunakan photoshop versi bajakan?
  • Butuh komputer yang cepat dan canggih, kurang toleran saat bekerja dengan komputer yang lelet (baca: rata-rata laptop). Coba baca kebutuhan spek komputer untuk menjalankan photoshop, coba jalankan filter gaussian blur pada foto resolusi tinggi menggunakan laptop berharga 5 Juta.
  • Perlu satu buku dengan ratusan halaman hanya untuk memahami sebagian fitur photoshop. Banyak sekali fitur yang ditawarkan sementara yang dipakai paling hanya 20% saja. Bagi sebagian orang, photoshop itu overkill. Tidak semua orang butuh retouch, mengolah HDR atau membuat layout album dan kolase . Banyak fotografer yang hanya butuh crop, curve, koreksi exposure dan koreksi white balance, tidak lebih dari itu.

Kalau anda salah satu orang yang beropini bahwa photoshop itu kurang cocok untuk kebutuhan foto anda, sebenarnya didunia ini ada beberapa software yang bisa menggantikan fungsi photoshop. Silahkan pertimbangkan 8 alternatif berikut ini:

Lightroom 4

TTG SV LR4 600x375

Lightroom mengawali debutnya sebagai pengolah RAW dan sebagai manajemen katalog foto. Dalam versi keempatnya, bisa dikatakan Lightroom sudah cukup matang dan sudah bisa menggantikan banyak sekali fungsi photoshop untuk mengedit foto. Lightroom jauh lebih murah, ringan untuk komputer dan cepat digunakan karena kita tidak perlu membuka dan menutup file foto. Lightroom bisa digunakan untuk mengolah foto dari mentah sampai matang, dari mulai foto pertama keluar dari kamera sampai dengan printing.

Apple Aperture 3

Bagi anda pengguna Mac, Aperture adalah software pengolah foto dan manajemen katalog yang sangat mumpuni, sangat mirip dengan Lightroom.

ACDSee Photo Editor 6

Harganya tidak sampai 10 persen dari harga photoshop, namun kemampuannya jangan diremehkan.

Photoshop Elements 11

Photoshop elements adalah saudara tiri photoshop, karena photoshop elements adalah versi photoshop dengan banyak fitur yang sudah dihilangkan sehingga harganya jauh lebih murah. Mau tahu beda photoshop elements dengan photoshop beneran?

Corel PaintShop Pro X5

Sangat mirip dengan photoshop, baik secara kemampuan, fitur dan filosofi. Selain untuk foto, bisa dipakai untuk keperluan grafis lainnya, bahkan bisa mengerjakan vektor, semua dengan harga sekitar USD 50 (saat ini).

GIMP 2.8

GIMP adalah software open source gratis seperti halnya Linux. Layer, filter, brush, color correction, crop, resize, semua tersedia dalam GIMP dan semuanya disediakan dengan gratis. Belfot pernah mengulas GIMP disini. GIMP bisa diinstall di semua platform OS komputer: windows, mac atau linux.

Paint.Net

Paint.net mirip dengan GIMP, gratis hanya khusus untuk Windows. Silahkan coba Pint.net.

Pixl Editor

Pixl Editor adalah pengolah foto gratisan, dan enaknya lagi kita tidak perlu menginstall apapun. Asal anda punya browser dan flash, anda bisa menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.