Untuk mencegah berbagai masalah yang tak diinginkan, sebaiknya Anda mengerti cara memilih dan merawat printer dengan baik. Berikut adalah beberapa langkah yang dibagikan Janice Lin, Marketing Manager Canon South & Southeast Asia, yang bisa Anda ikuti:

1. Tentukan kebutuhan
Saat ini tersedia beragam jenis printer di pasaran. Mulai dari yang sekadar cetak, pindai dan fax, hingga dilengkapi teknologi Wi-Fi. Karena itu, pastikan Anda membeli printer yang sesuai dengan kebutuhan. Printer yang hanya untuk cetak dokumen dapat memilliki spesifikasi yang berbeda dengan printer untuk mencetak foto. Tentunya, harganya pun bisa berbeda.

2. Sesuai isi kantong
Bujet yang terbatas adalah alasan banyak orang untuk memilih merek atau jenis printer tertentu. Meski begitu, jangan sampai terpengaruh untuk membeli printer yang murah namun berkualitas buruk. Ini dapat menyusahkan Anda dalam jangka panjang. Sebaliknya, bujet yang agak longgor bisa membuat Anda tergiur untuk membeli printer dengan banyak fitur padahal tidak Anda gunakan. Apalagi, printer yang lebih canggih membutuhkan perawatan yang ekstra dan mungkin tidak bisa Anda lakukan secara rutin.

3. Tetap nyalakan meski tak dipakai
Bila Anda sedang tidak menggunakan printer dalam waktu cukup lama, pastikan tetap hidupkan printer Anda setidaknya dua kali seminggu. Hal ini untuk menjaga agar tinta printer tidak membeku.

4. Pastikan kualitas kertas
Bila Anda bekerja di kantor dan disarankan menggunakan kertas bekas, cek keadaan kertas dalam kondisi baik. Lihat kembali kertas yang digunakan tidak terlipat atau masih
tersteples. Kondisi kertas yang Anda gunakan sangat mempengaruhi kinerja printer yang Anda pakai.

5. Jangan menaruh cairan di dekat printer
Saat sedang bekerja, terkadang Anda suka menaruh gelas minum di dekat perangkat elektronik seperti komputer maupun printer. Tak jarang pula tanpa sadar Anda justru menumpahkannya. Pastikan Anda menghidari hal ini karena bisa sangat merugikan.

Semoga bermanfaat.