Bisnis Percetakan: Tips menghadapi komplain konsumen

Bisnis Percetakan-Komplain merupakan sebuah protes atas ketidaknyamanan servis yang di dapatkan oleh pelanggan. Komplain ini biasa terjadi dalam menjalankan bisnis dan usaha sehingga jika ada nada protes, komplain yang menyatakan ketidakpuasan itu bukanlah suatu kiamat karena semua perusahaan besar pun pasti mengalaminya, sebagai pebisnis tugas kita bukan berkelit  namun menghadapi dan mencari cara agar pelanggan tetap puas atas layanan komplain yang kita berikan.
Lalu apa saja tips dan cara menghadapi komplain yang baik tersebut?, berikut kami coba tampilkan beberapa tips menghadapi komplain yang baik seperti yang di lansir dati Ciputra entrepreneurship.
–    Yang pertama adalah hadapi, dengar dan pahami
Dengarkan semua komplain pelanggan secara mendetail dengan cara bersahabat jangan menyela sebelum tuntas, berikan ruang agar pelanggan mengungkapkan semua ketidaknyamanannya sampai tndas tak tersisa. Setelah mendengar dan memahami baru kita bisa menarik kesimpulan letak ketidaknyamananya dimana.

–    Berikan penjelasan secara rinci
Seiring banyaknya pelanggan maka tidak semua pelanggan mengajukan komplain dengan benar, ada juga yang mengajukan komplain karena emosi sepihak tanpa kroscek terlebih dahulu yang terjadi. Maka disinilah tugas untuk memberikan penjelasan dengan rinci, dengan nada bersahabat dan mudah di mengerti tentunya.

–    Kompensasi
Ini dilakukan jika benar dalam merk kita ada di temukan cacat atau kesalahan sehingga merugikan konsumen, disinilah pentingnya kompensasi yang wajar karena memang sudah menjadi kewajibannya mengganti sesuatu yang menjadi kesalahan kita.

–    Peninjauan dan perbaikan
Setelah di temukan akar masalahnya komplain maka hal selanjutnya melakukan peninjauan untuk memperbaiki kesalahan yang ada, peninjauan dan perbaikan berguna agar kitadapat memberikan service terbaik sehingga pelanggan puas dan tidak di temukan banyak masalah serupa yang berujung kepada komplain.

–    Komunikasi
Selain berguna untuk menjaring dan memikat pelanggan agar loyal, komunikasi juga berguna untuk memuaskan pelanggan, setelah komplain di terima dan di perbaiki kesalahannya maka tanyakan kepada pelanggan yang bersangkutan apakah sekarang puas dengan layanannya. Pastikan pelanggan benar-benar puas dengan perbaikan yang di lakukan sehingga mereka tetap loyal dan tidak mempermasalahkan kesalahan yang pernah terjadi.

 

11 thoughts on “Bisnis Percetakan: Tips menghadapi komplain konsumen

Leave a Reply

Your email address will not be published.