Cara Memulai Bisnis Percetakan Buku

Info Percetakan – Cara memulai bisnis percetakan buku dengan modal kecil bukanlah hal yang tidak mungkin untuk di jalani oleh siapapun yang memang memiliki niat ingin bisnis percetakan.

Melihat prospek bisnis percetakan semakin diminati oleh pasar maka bisnis ini bisa menjadi pertimbangan oleh anda yang ingin memulai bisnis kecil yang di harapkan kelak bisa menjadi sebuah bisnis besar, jangan berpikir bisnis percetakan besar seperti mizan, diva press dll, mereka berawal langsung besar! Mereka juga awalnya dirintis dari nol dan pada akhirnya bisa menjadi bisnis percetakan ternama di indonesia.

Sebelum anda memutuskan untuk memulai bisnis percetakan buku, ada beberapa hal yang perlu anda pahami dan juga di persiapkan dintaranya ialah :

1. temukan dan tentukan terlebih dahulu nama brand percetakan anda, usahakan yang “easy listening” dan mudah diingat. Nama-nama seperti Gramedia, Mizan, LKIS, Erlangga, Diva, Navila merupakan nama-nama yang familiar dan mudah diingat oleh konsumen, anda juga harus bisa menemukan nama brand anda sendiri yang mudah di ingat oleh banyak orang.

2. Langkah selanjutnya ialah Mulailah mencari naskah, jika Anda seorang penulis anda bisa memulai naskah Anda sendiri. Jika Anda bukan penulis, mulailah untuk mencari naskah dari rekan-rekan penulis Anda, browsing naskah di internet, menggandeng para blogger, atau mengiklankan penerbitan Anda di koran. Lakukan banyak promosi terkait bisnis percetakan anda.

3. Setelah Anda menentukan naskah yang akan diterbitkan, selanjutnya adalah mencetak naskah. saat ini anda tak perlu repot dan bingung dengan segala macam kerepotan mencetak naskah karena sudah ada percetakan yang melayani “one stop Printing”. Artinya percetakan tersebut total akan melayani anda dari hulu ke Hilir. Pekerjaan seperti Desain cover, Editing, Mengurus ISBN, Pra cetak hingga mencetaknya akan di layani oleh percetakan. Keuntunganya adalah Anda tak perlu repot dan mengeluarkan dana besar untuk memperkerjakan desainer cover, editor, Pra cetak dll. Biasanya, pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa juga dikerjakan oleh percetakan.

Mudah bukan ? Tugas Anda hanyalah menyiapkan pembayaranya, khusus yang satu ini anda bisa menegosiasikan sistem pembayaranya dengan percetakan apakah cash, cash bertahap atau kredit. Anda juga bisa melakukan kesepakatan dengan mereka yang ingin bukunya di terbitkan oleh percetakan anda.

4. setelah semua proses desain dll terkait buku yng akan anda terbitkan, hal pertama yang penting untuk anda tentukan adalah harga jual dari buku tersebut, jika anda bingung bagaimana menentukan harga jual buku silahkan menggunakan rumus dibawah ini bagaimana cara menentukan harga jual buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.