Cara Mengoptimalkan Mesin Cutting Sticker Jinka

Mesin cutting china biasa menggunakan software artcut. Namun bisa juga menggunakan corel jika ada software tambahan yang biasanya dapat didownload pada web resminya merk2 mesin ybs (tapi tidak semua merk menyedian software tambahan tsb)

 

Masalah tidak bisa mulus pinggirnya, bisa disebabkan berbagai macam hal, antara lain kondisi pisau, holder (pemegang mata pisau), tatakan pisau serta merk mesin itu sendiri.

Bisa juga dari editan sehingga harus di trace, mesin cutting sticker umumnya pake format vector.
Kalo untuk print ‘n cut bisa pake jpg dengan catatan hanya bagian luar aja yang di cut. Misal pake mesin buatan Graphtec, masukin aja gambar JPG ke Illustrator, trus bikin outlinenya di seputaran gambar tersebut, jangan lupa klik registration mark dan pada saat mau print jangan lupa hapus gambar mata (uncheck) pada window Transform – Layer untuk outlinenya, dan saat mau potong gantian hapus tanda mata untuk gambarnya sehingga hanya ada gambar outline.
– Potongan tidak  presisi untuk mesin CHINA dngn software “artcut” :

Solusi :
*ploter compensation > Close 0.3, Sharp angle 0.41, Plotting accuracy : middle ,port com 1 or 2 sequential control yg di ceklis XON/XOFF

kadang kita bertanya “kenapa potong/cut tidak  teratur kadang maju mundur ?” Solusinya Uninstall software grafis-nya,Artcut atau windows ini settingan standar untuk ploter compensation mesin jinka

Cara untuk mengoptimalkan hasil cutting mesin merk jinka

Setting FORCE standard  (FORCE = untuk mengatur tekanan pisau. makin tinggi tekanan makin besar) Atur pisau dari holdernya kira2 0.3 mm. Setting force, sesuaikan dengan bahan, Bahan Oracal seting lebih rendah dari bahan 3M

Kenapa Mesin Cutting Jinka Bisa Potong Sticker Panjang? Jawabannya adalah Jinka Memiliki Sasis yang bisa diandalkan jadi saat memotong sticker panjang kertas tidak akan miring kalo kita motong design yang panjang dan aman kalo me motong design bulat. Mesin cutting JINKA (china)
bisa untuk memotong dibawah 1 cm, siku tidak masalah, lingkaran kecil jg tidak masalah

Beberapa tips potong ukuran panjang
1. Usahakan stiker/vinyl mempunyai ruang gerak yang lebar di bagian depan dan belakang mesin.
2. Misalnya mau potong sepanjang 2 meter, sebaiknya bahan diulur dulu sepanjang 2 meter juga, lalu balik ketitik awal. Biasanya tiap mesin sudah mempunyai fasilitas ini. Dari sini biasanya ketahuan kalau kertasnya bergerak miring atau tidak.
3. Kalau motong huruf atau gambar yang berulang, usahakan di sort dulu pada software-nya. Supaya mesin motongya berurutan.

Kalau Anda memiliki budget lebih mungkin mesin cutting sticker buatan jepang seperti merk CAMEO atau GRAPHTEH bisa jadi pilihan

Leave a Reply

Your email address will not be published.