Cara Perusahaan Cetak Konvensional Bertahan di Era Digital

Era digital lambat laun mengikis industri percetakan konvensional yang sudah lebih dulu hadir. Perusahaan percetakan konvensional pun akhirnya harus memutar otak untuk bisa bertahan di era digital.

Astragrahia Xprins Indonesia (AXI) yang merupakan anak perusahaan dari PT Astra Graphia Tbk adalah salah satu perusahaan percetakan yang baru berdiri dan siap menantang kerasnya tren digital. Perusahaan yang baru berdiri 8 bulan ini mengaku telah memiliki strategi untuk tetap bertahan di tengah kencangnya hembusan kampanye anti cetak.

“Kami menyiapkan berbagai inovasi dan strategi supaya bisa bersaing dengan segala sesuatu yang berbau digital. Kita sediakan website dan menjamin keamanannya untuk pelanggan yang mau kirim bahan cetakan tapi gak bisa datang karena jarak dan waktu,” papar Sahat M. Sihombing, President Director Astragraphia Xprins Indonesia di kantornya di Jakarta.

Tak hanya itu, ia menilai kehadiran teknologi di era digital membuat perusahaannya bisa memberikan layanan dan fitur lebih baik bagi pelanggannya. Misalnya saja integrasi dengan gadget anyar yang dilengkapi fitur A-GPS untuk melakukan monitoring pengiriman material cetak ke banyak lokasi.

“Misalnya layanan yang bisa langsung dipantau dari mulai proses pemesanan hingga pengiriman berbasis website. Kita manfaatkan perangkat gadget yang sudah ada fitur GPS-nya untuk mengetahui kiriman sudah sampai atau belum, pelanggan juga bisa ikut langsung pantau kirimannya,” tambah Sahat.

AXI juga mengaku lebih jeli dalam melihat pasar yang ada saat ini. Kelas bisnis dan korporasi diklaim sebagai pasar potensial untuk AXI dalam menjalankan bisnis percetakannya tersebut.

Perusahaan ini sendiri memiliki dua bentuk layanan bisnis yakni Layanan Gerak yang menangani proses pengiriman perlengkapan cetak dan Xprins yang melayani solusi percetakan perusahaan dari mulai pencetakan hingga pengiriman.

Sahat mengaku perusahaannya saat ini tengah melayani berbagai perusahaan seperti bank, operator telekomunikasi dan asuransi. Menyumbang 10% pendapatan di Astra Graphia menjadi target AXI di tahun pertamanya berdiri.

12 thoughts on “Cara Perusahaan Cetak Konvensional Bertahan di Era Digital

  • April 14, 2018 at 22:20
    Permalink

    Thanks for the blog post.Thanks Again. Really Great.

  • April 16, 2018 at 05:01
    Permalink

    “Hi there! Would you mind if I share your blog with my twitter group? There’s a lot of folks that I think would really enjoy your content. Please let me know. Cheers”

  • April 18, 2018 at 06:27
    Permalink

    A big thank you for your article.Really thank you! Keep writing.

  • April 21, 2018 at 00:41
    Permalink

    “I do believe that a foreclosure can have a important effect on the borrower’s life. Foreclosures can have a Six to a decade negative influence on a debtor’s credit report. A borrower having applied for a home loan or just about any loans even, knows that the actual worse credit rating can be, the more difficult it is to have a decent personal loan. In addition, it can affect a new borrower’s ability to find a good place to lease or hire, if that becomes the alternative property solution. Thanks for your blog post.”

  • May 22, 2018 at 22:06
    Permalink

    I can’t believe how great this site is. You keep up the good work. That’s my advice pal.

  • May 23, 2018 at 15:24
    Permalink

    You sure did a lot of research for this wonderfully written article.

Leave a Reply

Your email address will not be published.