Cara yang Bisa Kamu Terapkan Untuk Menggali Ide Bisnis di Sekitarmu

Info Mesin Percetakan – Dengan melihat teman atau rekan yang sudah memiliki usaha tersendiri membuat diri kita ingin mengikuti jejak menjadi wirausaha seperti mereka. Untuk memulai suatu bisnis tentu harus ditentukan kita akan berbisnis di bidang apa. Pada bagian ini akan mucul satu pertanyaan yang pasti. Kita akan usaha apa?

Darimana kita bisa menemukan ide unik yang berbeda dengan yang lain? Ide tersebut bisa didapatkan dari mana saja loh, termasuk dari hal sederhana yang ada di sekitarmu. Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menggali ide bisnis tersebut.

1. Lanjutkan bisnis yang di turunkan dari keluarga

Tidak perlu jauh-jauh, lihat sekeliling terlebih dahulu. Apakah keluarga kamu punya bisnis? Kamu bisa melirik bisnis orang tua kamu. Ada yang bilang “bisnis orang tua kecil-kecilan kok”. Lho, jangan menyepelekan suatu hal yang kecil. Lakukan modifikasi dan perubahan-perubahan yang bisa membuat bisnis orang tua kamu menjadi besar. Dengan begitu kamu bisa turut andil mengembangkan bisnis keluarga kamu.

2. Bisnis dari hobi yang kamu senangi

Ide untuk bisnis bisa muncul dari hobi loh? Misalnya nih ya, kamu adalah seseorang yang hobi untuk mengoleksi suatu barang unik. Barang ini kamu biasa dapatkan ketika berkunjung ke suatu tempat. Tentu di dunia ini gak hanya kamu sendiri yang memiliki hobi tersebut kan? Nah untuk itu, coba deh kamu membeli beberapa barang lalu tawarkan ke temen terdekat kamu, lewat forum atau lewat media sosial yang pasti saat ini kamu punya. Barang unik yang dijual disini bisa saja barang yang dipakai sehari-hari juga. Kalau ternyata banyak peminatnya, kamu bisa lanjutkan hal tersebut.

3. Kemampuan yang di miliki diri sendiri dalam bidang tertentu

Kenali passionmu di bidang apa. Dari situ kamu bisa kembangkan passion mu menjadi bisnis. Ada sebuah quote “Do what you love”. Dengan melakukan pekerjaan yang kita sukai tentu kita akan merasa enjoy dan semangat kan.

4. Dari pengalaman pribadi yang sudah pernah dikerjakan

Pengalaman merupakan guru terbaik. Bisa jadi benar adanya. Kamu bisa menggali ide bisnismu dari pengalaman yang sudah pernah kamu alami. Misalnya aja nih ya, karena pengen gemuk kamu mengkonsumsi susu tertentu. Nah daripada beli dipakai sendiri, padahal diluar sana banyak juga kok yang pengen gemuk. Kenapa gak dimanfaatin aja? Iyaps, sekalian jadi distributor susu tersebut misalnya.

5. Melihat peluang usaha yang belum ada di sekitar anda

Jeli melihat hal yang menjadi trend sekarang ini. Dari situ kamu bisa menemukan ide bisnismu. Jika takut memiliki banyak kompetitor, jelilah mencari peluang dengan sedikit kompetitor, sesuatu yang benar-benar customer butuhkan dan tentu yang banyak peminatnya.

Demikian beberapa cara yang dapat dicoba. Kamu bisa mencoba memulai bisnis dari hal terdekat dan paling sederhana dari lingkungan kamu. Lakukan saja apa yang kamu suka, apa yang kamu inginkan. Untung rugi itu masalah nomor sekian, yang jelas ACTION jadi hal utama untuk kamu lakukan. Semangat!

3 thoughts on “Cara yang Bisa Kamu Terapkan Untuk Menggali Ide Bisnis di Sekitarmu

  • February 1, 2018 at 12:48
    Permalink

    100282 406366Exceptional post nonetheless , I was wanting to know in the event you could write a litte far more on this subject? Id be quite thankful in the event you could elaborate a little bit far more. Thanks! 849924

  • February 3, 2018 at 21:32
    Permalink

    963472 180462Some genuinely nice and utilitarian info on this web site , likewise I believe the style and style contains superb functions. 284308

  • February 12, 2018 at 15:07
    Permalink

    723181 138408 An fascinating discussion is worth comment. I think that you need to write more on this topic, it may well not be a taboo topic but generally folks are not enough to speak on such topics. Towards the next. Cheers 665984

Leave a Reply

Your email address will not be published.