Cari Tahu Penyebab Mengapa Printer Tidak Mau Mencetak

Cetak Foto – Apa yang harus kita lakukan jika perangkat printer yang biasa kita gunakan tidak mau mencetak? Panik, pusing, jengkel dan kesal mungkin yang kita rasakan tapi bukan itu yang kita butuhkan. Yang kita butuhkan adalah cara mengatasi printer tidak mau mencetak. Nah masalahnya kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan masalah yang sedang terjadi tersebut. Jadi dengan pembahasan ini kita akan mencari tahu apa yang seharusnya kita lakukan untuk mengatasi masalah printer tersebut.

Mengalami printer yang tidak bisa digunakan seperti biasanya pastinya kita akan sangat kesal. Biasanya dalam keadaan kesal ini kita malah bisa melakukan hal-hal konyol yang hanya akan memperparah kerusakan yang terjadi. Jadi pertama kita harus tenang dan tidak emosi dalam menghadapi error printer yang mengganggu pekerjaan kita tersebut. Ini penting karena jika kita mampu tetap tenang dan tidak kesal serta terbawa emosi maka kita dapat dengan mudah mendeteksi kerusakan yang mungkin terjadi dan segera melakukan penanganan yang tepat.

Ada satu cerita, saya sendiri pernah, sedang mencetak dokumen penting tiba-tiba printer error dan tidak mau mencetak. Sudah berkali-kali di coba tapi tetap saja printer diam seribu bahasa. Saya kesal, panik dan marah saat itu dan karena emosi dan tidak sabar akhirnya saya melakukan hal bodoh dengan menghantam printer tersebut dengan kepalan tangan. Jelas, dengan hantaman keras casing luar printer rusak tapi setelah itu printer hidup. Yang terjadi sebenarnya adalah karena masalah kabel printer yang kendor, ketika dihantam tadi kabel tersebut ikut goyang dan tersambung kembali. Yang kemudian terjadi adalah penyesalan karena meski printer bisa hidup kembali namun bagian penyangga kertas sudah terlanjur patah.
Sedikit cerita di atas adalah contoh dimana sebaiknya jika mengalami masalah kita tetap harus santai dan tidak perlu emosi agar tidak terjadi kecerobohan seperti itu. Sekarang bagaimana dengan masalah untuk printer kita ini, apakah yang harus kita lakukan. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan jika kita mengalami printer tidak mau mencetak. Langkah yang di Lakukan jika Printer tidak Mau Mencetak antara lain sebagai berikut:
  1. Cek sambungan kabel
  2. Cek arus listrik
  3. Cek kondisi sebelum dan sesudah masalah terjadi
  4. Periksa kerusakan hardware
  5. Lakukan perbaikan sesuai gejala yang terjadi
  6. Printer hp laserjet enterprise 600 m603dn
Yang bisa kita kita lakukan jika printer mengalami masalah seperti ini sebenarnya yang pertama adalah memeriksa secara keseluruhan printer kita tersebut. Catat keadaan terakhir printer dan periksa printer secara menyeluruh untuk mengetahui apa yang terjadi para printer kita tersebut.
Cek sambungan kabel
Pertama tama kita mulai dengan memeriksa seluruh sambungan kabel printer yang ada. Kita periksa terlebih dahulu keadaan sambungan listrik yang ada, apakah normal seperti biasanya. Jika listrik tidak ada masalah maka kita periksa satu persatu kabel printer yaitu kabel daya dan kabel data pada printer. Periksa kabel yang ke sambungan listrik, apakah sudah terpasang dengan benar dan apakah tidak ada kerusakan. Bisa saja kabel colokan longgar atau tidak terpasang dengan benar sehingga printer tidak dapat menyala dan tidak mau mencetak.
Setelah itu lakukan juga pemeriksaan pada kabel printer yang ke komputer atau laptop. Periksa keadaan kabel apakah tidak ada yang rusak dan sudah terpasang dengan baik. Untuk memastikan kita bisa mencabut terlebih dahulu kabel tersebut, memeriksa apakah ada kerusakan dan memasangnya kembali. Pada kasus tertentu bisa juga terjadi masalah seperti ini karena kabel ke komputer atau laptop tidak terpasang dengan benar. Untuk mengatasinya cabut dan pasang kembali dengan benar lalu coba hidupkan printer.
Kadang kita juga bisa lupa memasang kabel data tersebut jadi meski printer dalam keadaan on (hidup) namun tidak mau mencetak karena sambungan kabel ke komputer atau laptop tidak terpasang. Dengan memeriksa sambungan kabel tersebut mudah-mudahan printer kembali normal. Jika setelah di periksa namun masalah belum teratasi maka ada kemungkinan printer memiliki masalah lain. Kita bisa melakukan pemeriksaan selanjutnya.
Cek kondisi sebelum dan sesudah masalah terjadi
Jika terjadi masalah ini baik juga bagi kita untuk mengidentifikasi kerusakan dengan memeriksa kondisi sebelum dan sesudah printer error. Ingat kembali apa yang kita lakukan sebelumnya dengan printer tersebut, apakah sebelumnya printer bisa digunakan dengan normal. Setelah itu periksa juga kondisi terakhir yang terjadi, kita bisa mencari tahu “printer tidak mau mencetaknya seperti apa”. Contohnya ada beberapa kondisi printer tidak mau mencetak antara lain:
1. Printer dalam keadaan mati dan tidak dapat mencetak
2. Printer hidup dan tidak mau mencetak
3. Printer hidup bisa mencetak tetapi hasilnya tidak ada sama sekali (hasil cetak putih semua)
Masing-masing keadaan di atas tentu memerlukan penanganan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Jika printer dalam keadaan mati dan tidak dapat mencetak maka ada kemungkinan sambungan kabel tidak terpasang dengan benar. Atau bisa juga karena ada kerusakan mainboard printer sehingga printer sudah tidak bisa dihidupkan.
Jika printer dalam keadaan hidup tetapi tidak mau mencetak maka ada beberapa kemungkinan. Pertama bisa saja karena kabel data yang ke komputer atau laptop tidak terpasang dengan baik. Bisa juga kita mencetak bukan dengan printer yang terpasang tersebut (jika printer tidak terpilih sebagai dafault printer). Kemungkinan berikutnya bisa juga karena printer dalam keadaan paused dimana semua pencetakan akan ditunda. Untuk masalah ini kita harus set printer menjadi “ready”.
Bisa juga printer kita mengalami masalah ketiga yaitu sebenarnya printer bisa mencetak tetapi tidak ada hasilnya (kertas hasil cetakan putih bersih seperti tidak ada tinta sama sekali). Untuk masalah ini biasanya terjadi banjir pada cartridge printer. Untuk mengecek dan mengatasi masalah ini coba buka cartridge dan bersihkan tinta yang melebar pada head cartridge.
Periksa kerusakan hardware
Kemungkinan selanjutnya yang dapat menyebabkan printer tidak mau mencetak adalah karena adanya kerusakan hardware atau perangkat keras printer. Jika memang terjadi masalah ini biasanya printer tidak dalam keadaan hidup, meski sudah ditekan berkali-kali tombol power-nya tetapi printer tetap tidak menyala, tidak ada indikator lampu yang hidup. Biasanya masalah ini disebabkan karena mainboard yang rusak.
Untuk masalah yang satu ini jika kita bukan ahli servis maka kita tidak dapat melakukan perbaikan sendiri. Untuk mengatasi masalah ini kita harus membongkar dan mengganti perangkat hardware yang rusak. Oleh karena itu sebaiknya – jika tidak biasa – kita lebih baik membawa printer tersebut ke tempat servis. Biaya servis printer seperti ini bisa bervariasi tergantung jenis kerusakan dan merk printer. Bisa mulai dari 100 ribu rupiah atau lebih, kita dapat menanyakan biaya servis printer tersebut langsung ke tukang servis yang bersangkutan.
Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada printer kita tersebut kita dapat mengikuti Langkah yang di Lakukan jika Printer tidak Mau Mencetak di atas dan segera melakukan perbaikan sesuai gejala yang terjadi. Perlu diingat, sangat dianjurkan untuk membawa printer ke tempat servis jika kita memang belum begitu terbiasa mengatasi masalah-masalah printer yang terjadi kecuali jika kita memang ingin belajar dan siap berkorban jika ada kerusakan yang lebih parah karena kesalahan kita sendiri.

27 thoughts on “Cari Tahu Penyebab Mengapa Printer Tidak Mau Mencetak

  • July 19, 2018 at 12:17
    Permalink

    I feel this is one of the most vital information for me. And i’m glad reading your article. But wanna statement on few basic issues, The site taste is ideal, the articles is in reality excellent : D. Excellent process, cheers

  • July 19, 2018 at 12:46
    Permalink

    It is appropriate time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I’ve read this post and if I could I desire to suggest you some interesting things or suggestions. Maybe you could write next articles referring to this article. I desire to read more things about it!

  • July 19, 2018 at 18:25
    Permalink

    I’m not sure where you’re getting your information, but great topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for great information I was looking for this information for my mission.

  • July 19, 2018 at 21:42
    Permalink

    Excellent blog here! Additionally your web site lots up fast! What host are you the usage of? Can I am getting your affiliate link on your host? I desire my web site loaded up as fast as yours lol

  • July 20, 2018 at 05:35
    Permalink

    Today, with all the fast chosen lifestyle that everyone leads, credit cards have a huge demand throughout the economy. Persons throughout every area are using credit card and people who aren’t using the credit card have made up their minds to apply for just one. Thanks for giving your ideas about credit cards.

  • July 20, 2018 at 05:45
    Permalink

    Today, with all the fast lifestyle that everyone leads, credit cards have a huge demand throughout the market. Persons throughout every area of life are using credit card and people who aren’t using the card have prepared to apply for one in particular. Thanks for sharing your ideas in credit cards.

  • July 20, 2018 at 08:55
    Permalink

    Thank you for any other informative site. The place else could I get that kind of info written in such an ideal method? I’ve a undertaking that I’m just now operating on, and I have been at the look out for such information.

  • July 20, 2018 at 09:12
    Permalink

    You completed several good points there. I did a search on the subject matter and found a good number of persons will have the same opinion with your blog.

  • July 20, 2018 at 10:04
    Permalink

    I have been absent for some time, but now I remember why I used to love this blog. Thank you, I¡¦ll try and check back more often. How frequently you update your site?

  • July 20, 2018 at 10:05
    Permalink

    I haven¡¦t checked in here for some time as I thought it was getting boring, but the last few posts are good quality so I guess I¡¦ll add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend 🙂

  • July 20, 2018 at 11:48
    Permalink

    I think other website proprietors should take this web site as an model, very clean and fantastic user genial style and design, as well as the content. You’re an expert in this topic!

  • July 20, 2018 at 13:41
    Permalink

    I am not positive the place you are getting your information, but great topic. I must spend a while learning much more or understanding more. Thank you for magnificent information I used to be searching for this information for my mission.

  • July 20, 2018 at 15:04
    Permalink

    Generally I do not read article on blogs, but I wish to say that this write-up very forced me to check out and do it! Your writing style has been surprised me. Thanks, quite nice post.

  • July 20, 2018 at 15:04
    Permalink

    I have been absent for a while, but now I remember why I used to love this web site. Thanks , I¡¦ll try and check back more often. How frequently you update your site?

  • July 20, 2018 at 15:04
    Permalink

    I would like to thnkx for the efforts you have put in writing this site. I’m hoping the same high-grade blog post from you in the upcoming also. Actually your creative writing skills has inspired me to get my own website now. Actually the blogging is spreading its wings rapidly. Your write up is a great example of it.

  • July 20, 2018 at 15:04
    Permalink

    Great tremendous issues here. I am very glad to look your post. Thanks a lot and i am taking a look ahead to touch you. Will you kindly drop me a mail?

  • July 20, 2018 at 21:14
    Permalink

    Wow, amazing weblog layout! How long have you ever been blogging for? you make running a blog glance easy. The entire glance of your web site is fantastic, as neatly as the content!

  • July 21, 2018 at 07:56
    Permalink

    It’s in point of fact a nice and useful piece of information. I’m happy that you simply shared this helpful info with us. Please stay us informed like this. Thanks for sharing.

  • July 21, 2018 at 16:50
    Permalink

    Thanks for sharing superb informations. Your site is very cool. I’m impressed by the details that you¡¦ve on this site. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this website page, will come back for more articles. You, my friend, ROCK! I found simply the info I already searched all over the place and just could not come across. What a perfect web site.

  • July 21, 2018 at 16:50
    Permalink

    Hey, you used to write great, but the last several posts have been kinda boring¡K I miss your great writings. Past few posts are just a little bit out of track! come on!

  • July 21, 2018 at 16:50
    Permalink

    Howdy very cool web site!! Guy .. Beautiful .. Amazing .. I’ll bookmark your web site and take the feeds additionally¡KI am happy to seek out so many useful information here within the put up, we need develop more techniques in this regard, thanks for sharing. . . . . .

  • July 21, 2018 at 16:52
    Permalink

    I truly appreciate this post. I¡¦ve been looking all over for this! Thank goodness I found it on Bing. You have made my day! Thank you again

  • Pingback: free post scheduler

Leave a Reply

Your email address will not be published.