Dapatkan Modal Usaha dengan Cara Ini

Cetak Foto – Mendasar untuk memulai suatu usaha adalah modal. Besarnya modal di tentukan dari banyak kebutuhan seperti sewa tempat, pembelian inventaris, kebutuhan operasional dan lain sebagainya dan bergantung juga terhadap rencana usaha yang akan di mulai. Dibawah ini beberapa hal untuk mendapatkan modal awal usaha yaitu:

1. Modal Pribadi

Beberapa orang sudah ada yang mempunyai rencana matang karena telah di rencanakan dari jauh – jauh hari akan memulai sebuah usaha. Sehingga mereka mulai untuk membuat simpanan untuk rencana modal usahanya. Mereka menyisihkan uang dari tempat mereka bekerja sebelumnya yang akhirnya dijadikan modal untuk rencana usaha yang akan dibuat.

Sama seperti Diah Venita Daben, owner dari Minilovebites yang memulai usahanya dengan modalnya sendiri. Berawal dari pekerjaan freelance, ia mengumpulkan modal yang kemudian dipergunakan untuk mendanai bisnis cupcake yang kini sudah sukses ini. Dengan modal yang minim, ia lebih meningkatkan kreativitasnya dalam menciptakan dan mengambangkan usahanya ini.

2. Pinjaman Luar

Ada beberapa pilihan pinjaman luar yang bisa di jadikan pertimbangan untuk para pengusaha. Baik dari bank, lembaga finansial atau perorangan. Ada 2 macam jenis pinjaman yaitu pinjaman dengan jaminan dan pinjaman tanpa jaminan. Pada umunya pinjaman tanpa jaminan diberikan pada pengusaha yang sudah memiliki track record kredit yang baik. Sedangkan untuk pemula biasanya dibutuhkan jaminan baik itu berupa aset rumah, tanah dll.

3. Modal Patungan

Modal dari bank yang tinggi akhirnya membuat para pengusaha memutuskan untuk memulai usaha dengan patungan dengan rekan. Tentunya dengan kesepatakatan bersama para pemilik modal. Dengan memilih modal patungan berarti memilih untuk bermitra dengan orang lain atau pihak lain. Disini Anda harus pintar – pintar memilih mitra karena bermitra di butuhkan kepercayaan untuk sebuah usaha.

Dengan berkolaborasi dengan orang lain juga, ide bisnis hingga perencanaan penjualan juga akan jauh lebih mudah. Sekalipun tidak jarang terjadi selisih paham antar sesama pemilik modal atau pemilik usaha, namun berkolaborasi akan memudahkan kita untuk menjalankan bisnis.

Beberapa orang dengan modal minim, biasanya bisnis online menjadi solusi yang sangat pas. Kenapa? Tanpa banyak mengeluarkan modal untuk membuat produk dan memasarkannya. Karena dengan bisnis online, kita yang tidak memiliki barang saja bisa berjualan. Dengan bermodalkan sosial media, website berbayar ataupun yang gratis dan juga keinginan untuk terus belajar tentang teknologi, karena bisnis online harus selalu update tentang teknologi yang kini sedang digunakan.

Website toko online juga tidak harus kita yang membuatnya. Ada banyak ketakutan yang dimiliki oleh pemilik bisnis online. Karena tidak memiliki latar belakang sebagai seorang programmer, kendala memiliki website toko online seringkali dimiliki. Ada banyak penyedia jasa website toko online yang murah namun tetap memiliki kualitas yang baik.

Nah, buat Anda yang masih kesulitan mendirikan bisnis karena terhambat modal untuk memulai, banyak pilihan untuk Anda memulai usaha. Jadi mulai sekarang bisa sedikit demi sedikit mencari referensi untuk membangun bisnis dengan modal yang minim sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.