Fuji Xerox Garap Pasar Indonesia dengan Printer Nirkabel

Cetak Foto – Produsen printer Fuji Xerox Printer Channel (FXPC) makin agresif menggarap pasar Indonesia. Rabu (3/6), perusahaan asal Jepang itu meluncurkan 12 printer terbarunya untuk seri A4. Terdiri atas delapan pencetak monokrom dan empat sisanya merupakan produk berwarna.

Ke-12 printer tersebut memiliki bentuk yang bermacam-macam. Namun, produk DocuPrint P115W, DocuPrint M115w, DocuPrint M115z, DocuPrint P225d, DocuPrint P265dw, DocuPrint M225dw, DocuPrint M225z, DocuPrint M265dw, DocuPrint CP115w, DocuPrint CP225w, DocuPrint CM115w, dan DocuPrint CM265z semuanya memiliki koneksi wireless.

Entah berupa wifi direct, AirPrint dari sistem operasi iOS, atau Mac OS milik Apple maupun Google Cloud. Selain itu, ada juga opsi mencetak dokumen menggunakan print utility yang bisa diinstal dari Google Play maupun App Store.

’’Dengan cloud print, bisa mencetak dari tempat lain. Di mana saja, kapan saja,’’ ujar Manager Marketing Fuji Xerox Printer Channel Indonesia,Tri Ganda Wicaksana. Pihaknya mengandalkan fitur mobility karena di Indonesia ada 54 juta orang yang aktif di dunia online.

Dia berasumsi, orang-orang tidak akan gagap dengan teknologi itu. Jadi, fitur mencetak nirkabel bisa digunakan dengan maksimal. Saat memperkenalkan produk itu, tiga petinggi Fuji Xerox, yakni General Manager Asean FXPC Vincent Sim, Country Manager FXCP Indonesia Elvin Tjahyadi, dan Tri berfoto selfie.

Lantas, dari ponsel Tri, hasil fotonya dicetak secara langsung dan prosesnya cepat. Itu karena seluruh printer yang diluncurkan punya kecepatan tinggi meski mencetak dengan resolusi tinggi. Meski serba cepat, dia menyebutpaper jam atau macetnya kertas tetap minim.

’’Printer-printer ini ideal untuk small medium business ( UMKM),’’ terangnya. Melalui produk yang diluncurkan, FXPC berharap bisa menggeser dominasi pengguna printer dengan tinta ke laser. Sebab, ongkos kepemilikan rendah, tetapi punya hasil cetakan yang lebih baik dan cepat.

Itulah alasannya saat memperkenalkan 12 printer tersebut FXPC mengangkat tagline Break the Limit with Fuji Xerox Laser Printer.

Vincent Sim menambahkan, Indonesia masih menjadi pasar yang potensial bagi FXPC. Buktinya, sampai sekarang sudah 200 ribu printer terjual.

’’Kami memberikan produk terbaik. Seperti saat ini, mengakomodasi semuanya yang serba online,’’ terangnya. Untuk target pasar ke-12 printer itu, dia menyebutkan, pengguna rumahan masih yang utama. Lantas, ditujukan untuk UMKM. Optimisme Vincent itu dibangun karena printer yang dikeluarkan punya berbagai fungsi.

Selain itu, FXPC tahu benar kebutuhan orang Indonesia karena mempekerjakan 100 persen orang Indonesia. Jadi, timnya tidak perlu meraba-raba bagaimana memasarkan produk. ’’Kami memberikan layanan purna jual di 124 titik. Bahkan, hotline service kami menggunakan bahasa Indonesia,’’ terangnya.

Soal isu paperless, dia tidak khawatir. Sebab, pasar Asia Pasifik belum menunjukkan penurunan meski kampanye paperless terus disuarakan. Menurut data yang dia punya, pertumbuhan penjualan mesin cetak dan kertas malah terus tumbuh sampai 10 persen.

Sementara itu, Elvin menyebut target penjualan tahun ini mencapai 50 ribu unit untuk semua jajaran produk FXPC. Target itu naik dari tahun lalu yang mencapai 40 ribu printer terjual. Dia juga tidak mengkhawatirkan lemahnya rupiah meski printer tersebut produk impor. ’’Tidak masalah karena kami menjual dengan rupiah,’’ tuturnya.

28 thoughts on “Fuji Xerox Garap Pasar Indonesia dengan Printer Nirkabel

Leave a Reply

Your email address will not be published.