Fuji Xerox Mulai Berinvestasi di Indonesia dengan Printernya

Cetak Foto – Produsen mesin fotokopi dan printer asal Jepang, Fuji Xerox Co Ltd, menjajaki investasi di Indonesia. Fuji Xerox akan menjadikan Indonesia basis produksi untuk kawasan ASEAN. Fuji Xerox adalah perusahaan patungan Fuji Photo Film Co dan Xerox yang bermarkas di Amerika Serikat (AS).
“Fuji Xerox ingin mengembangkan teknologi laser jet di Indonesia,” kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian Ignatius Warsito di Jakarta, Selasa (21/1).

Dia mengatakan, pihak Fuji Xerox belum bersedia menyebutkan nilai investasi pembangunan pabrik. Alasannya, perseroan masih dalam tahap penjajakan lokasi investasi.\Presiden Komisaris PT Astra Graphia Tbk (ASGR) Paulus Bambang WS mengungkapkan, selain Indonesia, Fuji Xerox mengincar beberapa negara di ASEAN, seperti Vietnam dan Myanmar. “Mereka sedang melihat negara mana yang cocok untuk dijadikan lokasi investasi,” ujar dia.

Selama ini, pemasaran produk-produk Fuji Xerox di Indonesia dilakukan oleh Astra Graphia. Anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) ini menjadi distributor eksklusif fotokopi, printer, dan scanner Fuji Xerox di Tanah Air.Paulus menuturkan, pihaknya berharap pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian, mampu memberikan kemudahan investasi untuk Fuji Xerox. Kemudahan yang diberikan bisa berupa pemberian insentif tax allowance atau tax holiday.

Dia mengatakan, jika pemerintah bisa memberikan tax allowance atau tax holiday, Indonesia akan mempunyai daya tarik lebih besar dibandingkan negara ASEAN lainnya. “Indonesia sudah punya pasar yang kuat, tinggal diberikan insentif berupa tax allowance atau tax holiday,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.