Gempa 5,0 SR, Rumah Warga Jepara Retak-Info Berita Printing

Info Berita Printing – Badan SAR Nasional melaporkan bahwa sebuah guncangan gempa berkekuatan 5,0 SR  di Jepara Jawa Tengah, tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Menurut Kepala Basarnas Jawa Tengah, Agus Haryono, mengungkapkan bahwa gempa hanya menyebabkan retakan di tembok rumah warga.

Gempa 5,0 SR, Rumah Warga Jepara Retak-Info Berita Printing
Gempa 5,0 SR, Rumah Warga Jepara Retak-Info Berita Printing

Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa akibat gempa tersebut. “Sejauh pantauan kami, sampai saat ini tidak ada korban jiwa maupun kerusakan yang berarti,” tegasnya.

Saat ditanya soal adanya laporan longsor di Desa Pendem, Agus menyatakan bahwa beliau belum mendapat informasi tersebut. “Saya malah belum ada informasi. Nanti tak cek dulu ke Jepara. Tapi laporan dari koordinator, tidak ada korban jiwa, cuma rumah retak-retak biasa,” terangnya.

Gempa bumi berkekuatan 5,0 SR mengguncang Jepara dini hari tadi. Stasiun Geofisika Kelas III Banjarnegara, Jawa Tengah, mencatat gempa terjadi pada pukul 01.10 WIB dan berpusat di 26 kilometer timur laut Jepara pada kedalaman 14 kilometer.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Teguh Rahayu, lokasi gempa berada dalam zona Semenanjung Muria. Semenanjung tersebut meliputi kawasan Semenanjung Muria, Pati, Jepara, dan sekitarnya.

“Tataan tektonik zona Semenanjung Muria secara tektonik tercatat cukup kompleks. Dikatakannya bahwa Di zona ini terdapat beberapa sesar (rekahan) yang diduga cukup aktif. Seperti sesar lasem, sesar muria, serta sebaran sesar mikro lain yang tersebar di daratan dan di lepas pantai Laut Jawa,” kata Rahayu saat dikonfirmasi.