Info Digital Printing : 3D Printing Kini Mampu Membuat Mobil

Info Digital Printing – Pada perkembangan zaman yang kini semakin modern banyak sekali teknologi yang hingga kini bermunculan. Sebuah teknologi baru yang kini menjadi tren di berbagai bidang khususnya industri percetakan yaitu 3D printing atau printer yang mampu mencetak benda dengan tiga dimensi.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – 3D printing membuat mobil

3D Printing atau yang dikenal dengan Additive Manufacturing merupakan  sebuah proses untuk membuat benda 3 dimensi dengan bentuk apapun yang diinginkan dari model digital yang ada.Mulai sekarang  teknik dari 3D Printing ini perlahan-lahan memasuki dunia modern dan kini telah mengubah dunia.

Mesin cetak ini kini sering  digunakan dalam pembuatan perhiasan, industri desain, alas kaki, arsitektur, otomotif, industri medis, sistem informasi, pendidikan, geografi dan masih banyak lagi. Yang lebih spesifik nya lagi dapat digunakan untuk membuat sepatu, mobil, atau pun mainan anak.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – 3D printing membuat sepatu

Sejarah 3D Printing

3D Printing ini pada awalnya dikenal dengan rapid prototyping setelah  bertahun-tahun. Engineer kemudian akan mendesain file CAD lalu mengirimkannya ke mesin cetak ini  untuk membuat benda yang nyata.

Media cetak 3D Printing ini sebenarnya telah ada sejak dulu namun belum terlalu banyak yang memanfaatkannya, karena  dahulunya bahan – bahan  yang digunakan tidaklah cukup kuat untuk disebut produk yang hanya sebuah model untuk menggambarkan bentuk yang nyata.

Dalam perkembangannya 3D printing ini mulai berhasil sejak sebuah perusahaan desain 3 Dimensi berhasil menemukan sebuah bahan yang baru yang  disebut nanocomposite, yang merupakan sebuah gabungan dari berbagai bahan plastik dan besi. Dan bisa dilihat dan dirasakan seperti besi.

Berdasarkan penemuan ini maka kini teknologi ini mampu membantu banyak bidang, seperti membuat organ tubuh untuk aplikasi medis, membuat bagan-bagian mobil yang rusak, dan sebagainya.

Cara Kerja 3D Printing

Untuk mengetahui cara kerja dari 3D Printing ini maka lihat saka printer yang biasa. Bedanya dari printer yang biasa karena pada printer biasa akan menempelkan tinta dikertas saja namun pada 3D printing ini mampu menimpa lapisan – lapisan di atas yang lain sehingga dapat menciptakan objek yang konkrit dan nyata.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Proses kerja 3D printing

Untuk membuat sebuah objek yang umum yaitu bisa dengan mengunduh file desain secara online dan kemudian memodivikasi nya lalu mencetak desain itu , atau dengan cara  me – scan objek yang sudah ada dengan menggunakan 3D scanner agar bisa mendapatkan file awal.

Sedangkan untuk objek yang kompleks, harus mendesain benda  secara 3 Dimensi dalam bentuk file CAD, sehingga bisa melihat bagaimana proses cetak nya  sehingga baru dapat mencetak  objek  tersebut.Namun untuk sebuah objek yang kompleks akan membutuhkan waktu yang lebih lama.