Info Digital Printing : Bisnis Percetakan Spnduk dan Baliho dengan Mesin Plotter

Info Digital Printing – Dalam sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan atau pun sebuah acara besar yang akan berlangsung pasti akan membutuhkan Spanduk atau Baliho untuk bisa dengan mudah memberikan informasi kepada orang lain. Apalagi itu sebuah acara besar yang dilakukan bersama masyarakat. Selain itu dalam sebuah acara pemilu atau pilkada pasti juga akan membutuhkan sebuah spanduk dan baliho  serta kaos – kaos untuk mempromosikan mereka sendiri.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Bnayaknya spanduk yang menguntungkan usaha percetakan

Saat – saat akan terjadi acara seperti itu dan kegiatan itu pasti akan ada usaha – usaha yang banyak dicari orang atau pun akan kebanjiran order yaitu usaha konveksi dan juga usaha percetakan. Usaha konveksi akan kebanjiran order berbagai bentuk misalnya jaket, kaos, topi yang akan diberikan oleh calon –calon orang yang mengikuti pemilu itu kepada para simpatisan.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Kaos yang digunakan sama yang menguntungkan usaha konveksi

Untuk para pengusaha percetakan akan kebanjiran order seperti halnya spanduk, pamphlet, poster, brosur , kalender da lain – lainya. Namun untuk para pengusaha dan juga par pebisnis dibidang percetakan khususnya spanduk dan baliho memang akan membutuhkan modal yang cukup besar karena harus digunakan untuk pembelian peralatan yang cukup banyak serta akan dibutuhkan lahan yang luas untuk bisa menampung jenis alat – alat yang lumayan besar serta tempat usahanya itu.

Hal – hal yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis spanduk dan baliho :

  1. Peralatan cetak

Alat  cetak yang harus digunakan untuk sebuah pencetakan spanduk dan baliho pastinya sebuah printer atau mesin cetak dengan berbagai jenis dan macamnya. Namun kebanyakan para pelaku binis dibidang perecetakan ini sering menggunakan mesin cetak plotter. Mesin cetak atau printer plotter ini memiliki lebar dalam pencetakan (printhead) yang bermacam – macam yaitu seperti ada yang 1,5 m, 3m, sampai diatas 5m . Untuk mesin plotter yang baru pasti akan dilengkapi mesin cutting atau mesin potong yang biasanya kan digunakan untuk memotong secara otomatis pada berbagai gulungan sebuah baliho sesuai dengan ukuran – ukuran yang diinginkan. Tak hanya itu mesin ini juga dikoneksikan dengan USB 2.0 atau bisa juga dengan lewat jaringan Wi-Fi ke computer.

Mesin plotter ini terdiri dari berbagai jenis mereknya dan harganya pun juga tergantung pada pada merek , kualitasnya dan juga harganya. Contohnya saja mesin Plotter jenis Canon IPF 750 36 in harga yang ditawarkan 40 juta rupiah, untuk HP Designjet Z6200 harga yang ditawarkan 150 juta . Untuk memilih mesin cetak mana yang akan digunakan bisa mempertimbangkan produksi yang sedang dijalankan atau modal yang anda punya.

 

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Mesin Plotter Canon IPF 750
Info Digital Printing
Info Digital Printing – Mesin Plotter HP Designjet Z6200
  1. Bahan dalam pencetakan

Bahan yang paling utama untuk digunakan dalam pencetakan menggunakan mesin cetak ini adalah tinta plotter dan juga media cetaknya. Gunakan sebuah tinta plotter dengan disesuaikan dengan mereknya. Selain itu yang dibutuhkan adalah kertas plotter PVC, kertas plotter transparan, kertas high glossy, dan lainnya.

  1. Tempat usaha

Dalam sebuah percetakan mungkin akan menggunakan luas area yang besar mengingat dalam percetakan produk seperti halnya spanduk dan baliho yang memiliki ukuran yang besar  dan juga peralatan yang digunakan pun juga besar sehingga juga harus menggunakan tempat yang besar.