Info Digital Printing : Cara Hilangkan Virus di Android Tanpa Menggunakan Antivirus

Cara Hilangkan Virus di Android Tanpa Menggunakan Antivirus – Android telah dikatakan sebagai sistem operasi yang sangat rawan terkena malware atau pun serangan virus yang bisa mengincar aplikasi – aplikasi yang pengguna gunakan. Hal ini kan lebih mudah terjadi karena kurang nya persyaratan dan juga seleksi aplikasi yang asa pada Play Store. Dalam menghilangkan virus – virus itu mungkin akan sangat mudah karena bisa digunakan dengan antivirus, namun kendalanya virus itu berada di aplikasi antivirus itu. Sehingga akan perlu cara lain yang memang bisa digunakan tanpa menggunakan antivirus.

Berikut ini cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan virus di Android :

Masuk ke safe mode

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Masuk ke safe mode

Hal yang pertama harus kamu lakukan yaitu masuk ke Safe Mode dan disini akan memungkinkan Android beroperasi lebih ringan karena jika masuk ke safe mode hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa sistem.Memang saat berada di Safe Mode, semua aplikasi yang telah kamu instal akan hilang namun hanya sementara saat berada di Safe Mode saja. Disini kamu bisa dengan mudah  untuk mengecek atau membersihkan file-file tidak penting, seperti file cache. Cara untuk masuk safe mode yaitu dengan menekan tombol power dan juga volume saat proses booting.

Cek aplikasi di safe mode

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Cek aplikasi di safe mode

Jika kamu telah masuk ke aplikasi safe mode ini maka yang perlu kamu lakukan lagi yaitu dengan meng-cek aplikasi yang ada. Caranya dengan klik setting-pilih Apps lalu pilihlah tab downloaded. Setelah itu sistem akan menghilangkan sementara aplikasi pihak ketiga saat Safe mode. Jika memang perangkat Android yang kamu gunakan terkena malware maka akan muncul sebuah aplikasi asing yang tidak pernah kamu instal.

Hapus aplikasi mencurigakan

Info Digital Printing
Info Digital Printing

Jika kamu memang menemukan aplikasi asing dan mencurigakan itu kamu sebaiknya langsung pilih aplikasi itu dan kemudian uninstal lah aplikasi itu. Namun jika kamu juga menemukan aplikasi asing dan tak bisa di uninstal mak aplikasi itu sudah memberikan akses pada adminstrator.

Hapus akses administrator asing

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Hapus akses administrator asing

Jika kamu menemukan aplikasi asing yang sudah memberikan akses ke adminstrator maka langkah selanjutnya yaitu dengan menghapus akses adminstrator itu. Cara yang dapat kamu gunakan yaitu keluar dari app seting lalu masuklah ke Setting-Security-Device Adminstrator. Setelah itu hilangkan aplikasi mencurigakan itu dan hapuslah aplikasi itu. Setelah itu kamu tinggal keluar Safe Mode.