Info Digital Printing : Kini E-Commerce Asli Indonesia Jadi Juara Di Negeri Sendiri

Kini E-Commerce Asli Indonesia Jadi Juara Di Negeri Sendiri – Adanya perkembangan dari pertumbuhan internet yang semakin signifikan dan juga peningkatan yang pesat kini telah mempengaruhi adanya gaya hidup dan juga pola pikir dari masyarakat. Dari adanya peningkatan di bidang internet ini kini sudah banyak hal baru yang memang akibat peningkatan itu seperti halnya berbelanja online. Kini berbelanja online merupakan salah satu hal yang telah menggeser gaya hidup dari masyarakat.

Hal ini tidak didiamkan saja oleh para pebisnis atau pun para start up mereka melihat padanya potensi dari hal ini sehingga kini banyak start up yang telah mengembangkan pasar yang ada. Seperti halnya Lazada, Bukalapak, Elevenia, Tokopedia, dan juga OLX. Walaupun untuk lima e-commerce itu telah banyak diminati di negeri ini namun dari kelima itu ada dua e-commerce yang lebih fenomenal yaitu Tokopedia dan juga Bukalapak.  Karena toko itu bisa dengan mudah dibandingakan karena memiliki market place yang hampir mirip.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – E-commerce Indonesia

Menurut Andri Riswandi, Head of Consultant Indepth Research Consulting bahwa yang paling fenomenal memang Bukalapak dan juga Tokopedia karena keduanya bisa dengan mudah dibandingkan secara head to head karena bisnisnya memang serupa dan mengusung marketplace yang hampir sama. Namun untuk Bukalapak lebih unggul karena masih di peringkat 13 dan juga Tokopedia ada di peringkat 15.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Bukalapak ada diperingkat 13

Dari situs – situs itu memang sudah bisa dipastikan jika situs itu mampu untuk bersaing dengan situs jual beli online global seperti  halnya Alibaba, Amazone maupun Ebay. Untuk kedua situs itu kini memang mampu untuk merebut hati masyarakat Indonesia walaupun kini tengah banyak yang situs global.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – E-commerce Global Alibaba

Menurut sebuah data yang di riset oleh Frost dan Sulivan pada tahun 2013 lalu bahwa Indonesia dan juga negara China merupakan negara yang memiliki pertumbuhan e-commerce terbesar didunia. Dengan adanya pertumbuhan dari situs jual beli yang ada di Indoensia ini tentu tak heran jika kini banyak masyarakat yang gaya hidupnya telah bergeser dan lebih memilih untuk berbelanja secara online.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – E-commerce Tokopedia

Mungkin tren ini memang akan terus berlanjut jika memang adanya penetrsi internet yang masih tinggi, gaya hidup konsumen yang konsumtif, dan juga adanya banyak situs e-commerce yang menawarkan bayak barang dengan berbagai macam kemudahan dan juga diskon. Namun juga harus ada perbaikan atau harus terus diperkuat dengan adanya infrastruktur dan juga supplay barang dan juga adanya ekosistem bisnis yang harus diperluas.