Info Digital Printing : Mahasiswa Ini Rancang Aplikasi Untuk Cegah Kecelakaan KA

Mahasiswa Ini Rancang Aplikasi Untuk Cegah Kecelakaan KA – Kecelakaan kendaraan memang bisa saja terjadi dimana saja dan oleh transportasi apa saja. Dan banyak jika kecelakaan yang terjadi itu merupakan salah satu kelalaian dari orang – orang yang mengendarainya atau fasilitas trasportasi itu. Salah satunya yaitu kecelakaan pada kereta api, mungkin untuk kereta api tak begitu sering untuk mengalami kecelakaan namun hal ini tetap harus diminimalisir.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Kecelakaan KA

Litafira yang merupakan mahasiswi Jurusan Teknik Informatika Universitas Dr Soetomo ini telah berniat untuk meminimalisir adanya kecelakaan kereta apa di Surabaya. Dia menciptakan sebuah aplikasi pemetaan tingkat kerawanan perlintasan kereta api yang berbasis perangkat android. Aplikasi yang telah ia buat ini dikombinasikan dengan menggunakan sebuah petunjuk arah yang berasal dari Google Maps yang juga mampu untuk menunjukan perlintasan mana yang memang sedang dilewati para pengendara.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Litafira

Fira juga telah menjelaskan jika untuk perlintasan kereta api ini untuk kereta api yang berpalang pintu atau tidak jadi jika para pengendara sudah berjarak sekitar 2 mil dari perlintasan kereta api itu maka sebuah telepon pintar yang memang telah terinstal di aplikasi ini akan segera menunjuknya peringatannya. Walaupun peringatan ituhanya berbentuk teks saja bukan berbentuk bunyi.

Surabaya merupakan salah satu kota yang dikategorikan mempunyai perlintasan kereta api yang tidak aman. Dikarenakan pada perlintasan kerata api dikota ini intensitas untuk kendaraan yang sering lewat memang sangat banyak.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Kategori perlintasan yang kurang aman

Dalam melakukan pembuatan aplikasi ini Fira mengaku membutuhkan waktu yang tidak singat yaitu sekitar 4 bulan, karena Fira sempat sulit untuk mencari referensi. Sebuah aplikasi yang ada di Android memang cukup banyak telah dibuat oleh para mahasiswa namun untuk sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat aplikasi seperti kereta api ini memang sangat jarang sekali.

Untuk sebuah aplikasi yang sudah dirancang oleh Fira ini kedepannya kan langsung bisa diunduh di Android Play Store. Dan selanjutnya kini Fira akan bekerja sama dengan PT KAI Daop VII.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – PT KAI Daop VII