Info Digital Printing : Pemasaran Online Memiliki Jangkauan yang Lebih Luas

Info Digital Printing – Bisnis merupakan hal yang banyak dilakukan oleh berbagai orang, karena dengan bisnis baginya dapat memiliki keuntungan yang lebih daripada harus menjadi seorang karyawan. Namun bisnis bukan berarti hal yang gampang, Karena pada sebuah bisnis kita harus memiliki berbagai strategi atau berbagai promosi agar bisnis yang kita lakukan dapat berkembang dengan baik.

Jika melihat dari sebuah promosi atau sebuah pemasaran memang bisa menggunakan dua cara yaitu promosi secara online atau promosi secara offline. Jika melakukan secra promosi offline bisa dilakukan dengan promosi lewat orang ke orang, atau dengan promosi lewat brosur, spanduk atau dan lainnya. Namun untuk pemasaran atau sebuah promosi secara online dapat dilakukan melalui media sosial karena jangkauannya lebih luas.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Promo usaha konvensional contohnya lewat brosur
Info Digital Printing
Info Digital Printing – Promosi lewat media sosial

Bagi para pengusaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang sering disebut dengan UMKM sangat mudah untuk bersaing dengan yang lainnya serta untuk meningkatkan nilai jualnya dapat dilakukan dengan promosi yang melalui online, dengan ini pasar akan lebih luas bahkan bisa mencapai luar daerah.

Bahroel Fauzi Rosidi  selaku Dosen Sekolah Vokasi Diploma Ekonomika dan Bisnis UGM mengatakan bahwa untuk pelatihan pemasaran secra online akan sangat penting diberikan kepada para pelaku bisnis UMKM agar bisa mengangkat nilai jual produk serta daya saingnya. Karena sampai saat ini UMKM di Kulonprogo masih sangat minim dalam hal memanfaatkan teknologi informasi atau media sosial untuk pemasarannya atau promosi. Hal itu disampaikan saat materi workshop pemasaran melalui internet atau online yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kulonprogo bagi para UMKM di RM Kampung Rasa.

Sampai saat ini ada sekitar 30 ora UMKM yang mendapatkan kesempatan atau mendapatkan sebuah bimbingan unutk menguasai cara – cara atau teknik pemasaran sebuah produk yang dimiliki melalui berbagai jejaring social sperti halnya facebook. Hal ini dilakukan agar masyarakat Kulon Progo dalam hal usaha lebih meningkat lagi dan juga untuk bisa menghadapi upaya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Workshop UMKM Kulon Progo untuk hadapi MEA

Selain itu hal ini dilakukan agar  dalam  menghadapi pasar bebas Asean yang akan segera diadakan itu , bisa membuat para pelaku usaha Indonesia kuat dan tidak hanya menjadi sebagai penonton saja

Siti Rupingah selaku pelaku usaha UMKM dari KWT Sari Jampi Salah mengatakan bahwa, dalam hal pelatihan pemasaran produk melalui internet ini sangat penting, karena UMKM  dari Kulon Progo belum banyak yang mendapatkan berbagai  pengetahuan tentang bisnis online namun kelompok mereka sudah memanfaatkan pemasaran secara online, tapi belum bisa secara optimal. Sampai saat ini pemasaran online dikelola oleh anggota – anggota yang relatif lebih muda, sedangkan untuk saya akan lebih fokus pada produksi barang saja.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Contoh UMKM dari Kulon Progo