Info Digital Printing : Tiga Perusahaan Indonesia Akan Mengudara Bersama Balon Internet Google

Tiga Perusahaan Indonesia Akan Mengudara Bersama Balon Internet Google – Telah kita tau jika pada hari Rabu lalu Laboratorium Google X California Google telah menandatangani kerjasama untuk masalah uji coba balon internet Google dengan sejumlah operator. Dan ketiga operator itu yaitu XL, Indosat dan juga Telkomsel. Dan ketiga perusahaan operator seluler itu telah berniat untuk mengikuti sebuah percobaan transmisi Project Loon yang memang rencananya akan dilakukan oleh Google pada tahun 2016.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Balon Google yang akan mengudara

Hal ini telah mereka lakukan yang berupaya untuk bisa memasok internet ke pelosok – pelosok yang hingga kini akses internetnya masih terbatas selain itu hal ini juga digunakan untuk mengatasi adanya kesenjangan Digital di Indonesia ini. Dengan begitu maka seluruh masyarakat Indonesia tak terkecuali tetap bisa menggunakan layanan akses internet dengan baik.

Sebenarnya untuk masalah balon google ini memang telah ada sebelumnya karena dulu Sri Langka juga telah menandatangani sebuah kesepakatan terpisah dimana akan memberikan sinyal kepada para peserta skema balon helium itu.

Sebelum ada di Indonesia untuk tahun depan, telah ada Projek Loon dari Google yang ada pada tahun 2013 di Selandia baru. Dan ini merupakan salah satu balon helium raksasa dari Google yang bisa memancarkan sebuah akses internet dengan tujuan untuk bisa menyediakan sebuah akses internet di kawasan – kawasan terpencil atau terpelosok pada seluruh negara.

Untuk balon internet Google ini akan berada pada ketinggian 20 KM dari permukaan bumi dengan itu akan memudahkan desa – desa atau pun kawasan yang terpencil atau wilayah yang terputus dari jaringan internet untuk bisa menggunakan akses internet  dengan murah.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – XL,Indosat dan Telkomsel yang akan mengudara bersama Balon Google

Untuk sinyal yang akan diberikan dari Balon Google ini akan melalui sebuah jaringan nirkabel dan kan banyak memberikan manfaat. Dengan adanya Google balon yang berada pada ketinggian yang sangat tinggi ini mereka berharap agar hal ini bisa dirasakan oleh seluruh penjuru dunia.

Untuk kecepatan data yang diberikan akan tinggi karena sudah setara dengan 3G namun hanya melalui antena yang ada di darat. Jika menggunakan koneksi 4G seperti apa yang ada di Inggris berikan koneksi sekitar 10 MB/detik untuk bisa terhubung dengan banyaknya koneksi yang akan memberikan kecepatan 15 Mb/ detik. Dan menurut Google ini kan membutuhkan 300 balon untuk bisa menghubungkannya ke seluruh dunia.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Setara dengan jaringan 3G