Info Digital Printing – Tipe Kertas Cetak Mencetak

Info digital printing – Sering kali kita bingung menyebut jenis kertas apa yang kita akan pakai untuk print poster, brosur dan yang lainnya. Memang ada begitu banyak jenis kertas yang digunakan dalam dunia cetak mencetak ini. Untuk mengetahui mana kertas yang paling cocok untuk kebutuhan kita, sebaiknya pelajari dulu pengertian dan jenis kertas berikut agar kita tidak salah dalam penggunaan kertas.

1. HVS (houtvrij schrijfpapier)

Jenis kertas ini sering digunakan untuk keperluan mencetak buku, kop surat, fotocopy, dan print. Teksturnya sedikit kasar dan tidak mengkilap. Kertas HVS yang umum dijual dengan ukuran A3, F4, A4, Letter, A5, B5 dan gramatur mulai dari 60 gram, 70 gram, 80 gram. Untuk keperluan tertentu kertas HVS tersedia dengan gramasi 100 gram dengan ukuran plano.

2. ArtPaper (Coated Paper)

Jenis kertas ini memiliki permukaan licin dan mengkilap dikedua sisinya dan menghasilkan cetak raster yang sangat halus. Gramatur yang biasa digunakan untuk keperluan percetakan antaralain 100 gram, 120 gram dan 150 gram dengan ukuran plano 65 cm x 100 cm, 79 cm x 109 cm. Kertas artpaper sering dipakai untuk mencetak leaflet, brosur, flayer, kalender, cetak sampul buku, cetak majalah.

3. ArtCrtoon

Jenis kertas ini sama dengan kertas artpaper yang memiliki permukaan licin dan mengkilap dikedua sisinya. Menghasilkan cetak raster yang sangat halus dengan gramatur 190 gram, 210 gram, 260 gram hingga 310 gram dengan ukuran plano 65 cm x 100 cm, 79 cm x 109 cm. Kertas artcartoon sering dipakai untuk mencetak poster, cover buku, cover majalah, kalender, map, hingga cetak undangan.
4. Matte Paper

Jenis kertas ini tidak memiliki lapisan mengkilap dikedua sisinya namun mirip dengan kertas artpaper. Matte Paper digunakan untuk mencetak isi buku, isi majalah, kalender dan keperluan cetak lainnya. Kertas Matte tersedia dengan ukuran plano 65 cm x 100 cm, 79 cm x 109 cm.

5. Ivory

Kertas Ivory mirip dengan artcarton namun satu sisinya tidak licin dan mengkilap. Kertas Ivory tersedia dengan ukuran plano dan gramatur 210 gram, 230 gram, 250 gram, 270 gram, 300 gram dan 350 gram. Satu sisinya yang mengkilap menghasilkan cetak raster yang sangat halus. Kertas Ivory biasa digunakan untuk mencetak Cover buku, News Letter, Map, Poster, Kalender, Kartu Nama, dan lain sebagainya.

6. Kertas BC, Concord (Conouerror), Linen Jepang

Kertas jenis ini memiliki tekstur yang kasar. Kertas BC, Concord, Linen biasanya digunakan untuk mencetak sertifikat, Cetak Undangan, kartu nama, sampul buku dengan berbagai pilihan warna. Ukuran gramatur kertas yang umum dijual di toko kertas 220 gram dan 250 gram.

7. Jasmine Paper

Kertas Jasmine memiliki tekstur halus dengan glitter dan pilihan warna menarik. Kertas Jasmine umum dipakai untuk mencetak undangan pernikahan dengan gramatur 150 gram dan 210 gram.

8. Kertas Samson Craft/Recycle

Kertas Samson Craft merupakan kertas daur ulang, berwarna coklat. Kertas ini sering digunakan untuk kebutuhan cetak mencetak shopping bag (Paper Bag), packaging, pembungkus, sampul nota atau bon, dll dengan gramatur 125 gram sampai 250 gram.

9. Duplex

Kertas karton memiliki warna putih permukaan licin satu sisinya tidak mengkilap sedikit kecoklatan. Kertas duplex dengan gramatur 250gr, 270gr, 310gr, 350gr dan 400gr. Kertas duplex biasa digunakan untuk mencetak kemasan produk, dus makanan, dus sepatu, souvenir dan Gift.

10. Fancy Paper

Jenis kertas Fancy digunakan untuk kebutuhan cetak mencetak berbagai Kartu, mulai dari kartu nama, cetak undangan pernikahan, cetak profil company.

11. NRC (Nice Carbon)

Jenis kertas ini mengandung karbonis, umumnya bisa digunakan minimal 2 ply (rangkap dua). Kertas NCR biasa digunakan untuk cetak nota, faktur penjualan, form surat jalan, dll. Kertas jenis NCR ini terdiri dari NCR TOP, NCR MIDDLE, dan NCR BOTTOM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.