Info Digital Printing – Tips Menanggapi Komplain Pelanggan Bisnis Online

Info Digital Printing – Jika anda adalah pembisnis online maupun offline maka anda akan sering menjumpai pelanggan baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Setiap konsumen memiliki berbagai karakter jadi jangan sampai anda bingung dengan karakter mereka. Tidak semua bisnis bisa berjalan mulus begitu saja pasti akan ada sebuah kerikil atau masalah contohnya jika ada pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan yang diberikan.

Bermacam – macam komplain seperti ada barang yang kurang pas, mungkin pengiriman barang lama, atau barang tidak sesuai dengan yang ditawarkan, kebanyakan masalah itu timbul pada bisnis online.  Dengan masalah itu anda jangan bingung menghadapinya, karena itu adalah sebuah masalah yang perlu dihadapi untuk memajukan usaha yang dimiliki.

Berikut ini tips menghadapi pelanggan yang komplain :

  1. Jadilah pelaku bisnis sebagai pendengar yang baik

Langkah yang perlu dihadapi yaitu dengan mendengarkan keluhan dari pelanggan itu, apakah masalahnya jangan sampai anda memotong pembicaraan dari pelanggan tersebut. Tunjukan bahwa anda berempati dengan memberikan tanggapan yang positif kepada mereka. Jangan lupa untuk meminta maaf kepada pelanggan walaupun sebenarnya tidak salah.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Jadilah pendengar yang baik terhadap para konsumen
  1. Bersikap ramah jangan terpancing emosi

Terkadang beberapa pelaku bisnis tidak ramah dan kaku sehingga beberapa  pelanggan menjadi kurang puas dengan pelayanan yang diberikan. Dengan begitu sebaiknya anda bersikap ramah untuk menghadapi para pelanggan yang komplain.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Ramah dengan konsumen yang komplain
  1. Berikan solusi terbaik

Setelah anda mendengarkan apa masalahnya lebih baik anda memberikan solusi terbaik bagi kedua  pihak. Jangan sampai anda memberikan sebuah sanggahan kepada pelanggan.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Memberikan solusi terbaik 
  1. Memberikan Pelanggan Sesuatu

Sebuah kekecewaan dari pelanggan atau sebuah komplain merupakan sebuah resiko yang bisa mengancam bisnis yang dimiliki. Karena bisa saja membuat hilangnya kepercayaan terhadap anda, dan akan lebih mengancam lagi jika orang yang komplain itu menyebarkan kekecewaanya kepada para pelanggan lain. Jika kekecewaan mereka terhadap barang yang kurang memuaskan, maka sebaiknya anda menggantinya dengan yang baru. Atau bisa juga dengan memberikan sebuah diskon, ataupun beberapa spesial promo agar mereka tidak lagi kecewa.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Memberikan kepuasanterhadap pelanggan