fbpx

Info Digital Printing : Tips Pengambilan Foto atau Gambar Pada Produk Bisnis Online

Info Digital Printing – Bagi para pebisnis khususnya bagi mereka pebinis dibidang online, pasti membutuhkan sebuah gambar  atau foto sebagai media promosinya atau media penjulan produknya. Foto  ataupun sebuah gambar yang ingin ditampilkannya di toko online tersebut merupakan sebuah tolak ukur bagi para konsumen atau pembeli. Pembeli akan tertarik atau tidaknya dengan produk tersebut pasti semua itu berawal dari sebuah fotonya terlebih dahulu.  Sehingga dengan hal itu para pelaku bisnis akan memaksimalkan foto produknya agar lebih berkualitas agar bisa untuk menarik para pembeli atau bisa  untuk menarik minat para konsumen.

Dalam berbisnis online sangat berbeda dengan produk konvensional, jika toko konvensional akan langsung  memajang produknya dan para pelanggan akan langsung bisa melihat hasil produk tersebut. Sangat berbeda dengan toko online yang harus memasang foto produk terlebih dahulu agar produk itu diketahui oleh orang lain, walaupun hanya dari foto saja namun keberadaan foto itu adalah hal yang paling penting untuk bisa memastikan kualitas sebuah produk yang akan dijual.  Agar banyak yang tertarik dengan produk itu dan agar para konsumen dapat membelinya maka para pelaku usah harus berupaya untuk mengupayakan sebuah foto produk yang berkualitas sehingga mampu menarik minat daripada calon pembeli atau konsumen.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Contoh hasil foto dari produk bisnis online yang bagus

Walaupun tak harus membutuhkan tenaga yang pintar di bidang fotografi, namun bagi para pelaku usaha dalam bidang ini perlu mendapatkan foto produk yang berkualitas bagus sehingga sangat dibutuhkan kejelian serta persiapan yang matang agar hasil yang didapat tak kalah bagus dengan jepretan para orang – orang atau fotografer professional.

Dengan begitu bagi para pemula di dunia maya atau para pelaku bisnis online yang pemula yang ternyata belum mempersiapkan stok foto produk, maka berikut ini beberapa tips mempersiapkan foto produk untuk toko online anda agar hasil yang didapatkan tidak kalah dengan foto katalog sebuah produk yang sudah dibuat oleh perusahaan online yang ternama.

  1. Ciptakan sebuah pencahayaan yang bagus

Jika ingin mendapatkan hasil jepretan foto produk yang bagus tidak begitu dibutuhkan karma seperti DSLR untuk mensiasati tidak menggunakan kamera yang professional yaitu bisa dengan menggunakan kamera HP namun bisa mendapatkan sebuah pencahayaan yang baik. Hal yang penting yaitu dibutuhkan sebuah ponsel atau HP yang memiliki pixsel yang cukup. Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik maka sebaiknya anda memilih sebuah tempat yang outdoor pada waktu siang hari atau bisa juga dengan tempat yang indoor namun berdekatan dengan sumber cahaya atau jendela agar hasil pencahayaan baik.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Contoh pengunaan sistem pencahayaan dalam mengambil foto
  1. Hindari lah teknik – teknik seperti zooming

Dikarenakan anda mengambil jepretan lewat HP atau ponsel maka jangan menggunkan teknik zooming karena jika dilakukan hasilnya akan pecah atau kurang bagus. Jika ingin mendapatkan sebuah hasil yang besar lebih baik anda bisa mendekatkan kameranya agar bisa mengambil gambar secara besar atau tidak pecah bahkan akan lebih jelas.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Jangan gunakan teknik zoom
  1. Ambil jepretan dengan minimal 3x jepret

Mengingat jika penggunaan untuk mengambil sebuah foto produk itu dengan kamera ponsel maka liatlah atau pilihlah foto yang benar – benar bagus, jika dirasa kurang baik maka sebaiknya anda melakukan jepretan selama berulang untuk bisa mendapatkan hasil yang paling baik.

  1. Editlah hasil jepretan itu agar terlihat lebih baik

Mengingat bahwa sebuah foto itu akan dipublikasikan dan akan menjadi daya tarik bagi para konsumen atau pembeli maka untuk mendapatkan hasil foto dari produk bisnis ada yang lebih menjual, tak ada salahnya bila anda sedikit melakukan proses editing. Namun jangan sampai terlalu banyak untuk diedit karena bis saja nanti hasilnya tidak sesuai dengan produk asli yang dijual.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Gunakan aplikasi Photoshop untuk memperbaiki hasil jepretan

Yang bisa dilakukan dengan mempertajam kondisi produk yang telah anda ambil, kemudian menyesuaikan komposisi warna yang ada sehingga gambar tersebut akan lebih menarik, bisa menggunakan teknik crop dan rotate untuk mendapatkan sebuah tampilan yang terbaik, serta membubuhkan watermark agar gambar asli yang akan anda hasilkan.