Info Digital Printing : Wow, Bisnis Ini Cuma Andalkan Kejujuran Pembeli Dalam Membayar

Wow, Bisnis Ini Cuma Andalkan Kejujuran Pembeli Dalam Membayar – Sebuah kejujuran pasti merupakan salah satu efek terpenting dalam sebuah bisnis, biasanya para pembeli selalu mengharapkan sebuah kejujuran dari para penjual dan terutama dari produk yang mereka jualkan.  Namun bagaimana jika sebuah kejujuran itu malah diberlakukan bagi para pembelinya. Seperti usaha – usaha kecil yang lebih mengandalkan kepercayaan dari para pembelinya. Bisnis ini biasanya tak menggunakan pelayan atau pun kasir dalam bisnis yang dijalankan untuk bisa memastikan adanya pembayaran yang benar atau tidak.

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Contoh bisnis tak ada kasir dan pelayan

Tak hanya itu karena ada saja sebuah bisnis yang tidak memasangkan harga pada produk yang ia jual, dan semua pembayaran hanya tergantung dari para pelangannya saja. Mungkin bagi sebagian orang membayar dengan hal kejujuran itu adalah konsep bisnis yang aneh. Karena memang tak sedikit orang yang pasti tak tahan godaan sehingga melakukan penipuan atau berbuat curang ketika memang ada kesempatan seperti halnya tidak membayar atau bahkan hanya membayar sedikit, hal itu bisa saja terjadi. Namun ada beberapa pelaku bisnis atau penjual yang memang benar – benar menggunakan kejujuran dari pembelinya dalam membayar.

Berikut ini bisnis yang hanya mengandalkan kejujuran pembelinya :

Honesty Bookshop di Inggris

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Honesty Bookshop di Inggris

Salah satu kota kecil di Inggris memang terkenal dengan para pecinta buku, kota kecil ini berada di Hay-on-Wye. Ini merupakan salah satu rumah buku lusinan untuk buku – buku kuno dan juga sebuah festival buku yang memang secara Internasional dan memang sering dikunjungi oleh ribuan penulis buku di tingkat dunia. Kebanyakan toko buku disana menggunakan system kejujuran dan merupakan Honesty bookshop yang biasanya buku – buku itu diletakkan di sebuah rak didepan rumah atau pagar. Ditempat itu tidak ada penjual tau bahkan pelayan, setiap orang yang akan membeli hanya meletakkan uangnya atau membayarnya di sebuah kotak uang di salah satu sudut tempat itu dan para pembeli juga bisa mengambil kembalin sendiri.

Restoran Annalakshmi di India

Info Digital Printing
Info Digital Printing – Restoran Annalakshmi di India

Ini merupakan salah satu restoran yang berada di India yang juga menerapkan konsep pembayaran dari kejujuran para pembelinya atau konsep “pay as you like” atau “bayarlah sesukamu”. Restoran ini pertamanya dibuka  di Malaysia dan konsep dari bisnis ini dari sistem kejujuran dimana para pembeli bisa  membayar harga dari menu disini dengan harga yang sepantasnya atau tarif menurut mereka sendiri.

The Vault di Amerika Serikat

Info Digital Printing
Info Digital Printing – The Vault di Amerika Serikat

Ini merupakan salah satu tempat bisnis dibidang kafe yang juga menerapkan proses pembayaran dengan kejujuran pelanggannya tau bahkan suka rela dari pelanggannya. Mereka punya moto tersendiri dari bisnis yang dijalankan ini “Bayar kurang dan silahkan bersantai atau bayar lebih dan membantu kami supaya tetap berbisnis”. Di kafe ini memang tidak dijumpai pelayanan atau kasir yang bisa mengawasi para pembeli. Namun disini para pembeli menyiapkan menu sendiri seperti kopi dan juga pastry rumahan yang masing – masing dari menu itu dihargai 75 sen. Para pelanggan bisa membayarkannya sendiri lewat uang tunai atau pun kartu kredit. Namun disana benar – benar banyak sekali orang yang jujur karena bisnis ini selalu surplus karena tak ada pelanggan yang curang.