Info Mesin Cetak – Trend Digital Printing 3D

Info mesin cetak – Beberapa bulan belakangan ini dunia sering dikejutkan dengan berkembangnya 3D Printing yang merambah begitu pesatnya dalam beberapa bidang. Pada umumnya 3D Printing ini digunakan untuk membuat prototipe benda berukuran mini seperti makanan, maket, atau miniatur properti lainnya.

Belakangan ini banyak sekali kreator yang bahkan menemukan sebuah inovasi 3D Printing ini untuk membangun sekomplek rumah. Salah satu kreator itu adalah WinSun. WinSun menggunakan 4 buah mesin cetak yang masing-masing memiliki panjang 10 meter dan tinggi 6,6 meter dengan alat penyemprot yang dapat diatur ke segala arah untuk membuat rumah-rumah itu. Proses dilakukan dengan menggunakan teknik pengeringan semen dalam waktu cepat. Semen dan berbagai bahan konstruksi disusun lapisan demi lapisan.

Ma Yihe, penemu mesin cetak yang digunakan untuk membangun rumah tersebut mengatakan manfaat pembangunan rumah dengan menggunakan 3D Printing dibandingkan menggunakan batu alami. Menurut dia, penggunaan batu memerlukan banyak sumber daya manusia dalam mengeksplorasi alam. Batu yang diambil pun harus dipecah-pecah dan membutuhkan waktu lama.

Dengan 3D Printing, kita bisa menghemat biaya, menyelamatkan pekerja dari paparan debu, dan tentunya memelihara lingkungan. Pemeriksaan kualitas bangunan buatan 3D printing dilakukan pada setiap lapisan. Ini untuk memenuhi standar seperti bangunan pada umumnya. Sebabnya, hingga kini pemerintah Cina belum mensahkan peraturan mengenai penggunaan bangunan buatan 3D Printing.

 

 

 

8 thoughts on “Info Mesin Cetak – Trend Digital Printing 3D

Leave a Reply

Your email address will not be published.