Internet Indonesia Timur Akan Berpusat Di Manado- Info Berita Printing

Info Berita Printing – Sebuah kabel serat optik bakal menghubungkan Manado dengan Amerika Serikat dalam rentang setahun ke depan.Karena hal itu, Kota tinutuan ini kabarnya akan menjadi pusat koneksi internet dari kawasan indonesia timur.

Info Berita Printing
Info Berita Printing

Ha itu di jelaskan oleh Ririek Andriansyah Direktur Utama Telkomsel saat di temui dalam peuncuran Telkomsel 4G Lte di Manado pada jumat lalu.

Beliau menjelasan kabel serat optik yang di kerjakan tersebut di kerjakan olah konsorsium yang melibatkan akan usaha PT Telkom Indonesia yakni PT Telkom Internasional (Telin).Selain itu , perusahaan lain yag tergabung dalam proyek tersebut adalah  RAM Telecom Internatonal (RTI),Globe Telekom,Hawaiian Telcom,Teleguam Holdings, Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telkom USA).

Ririek menjelaskan bahwa nantinya akan ada kabel serat optik yang menghubungkan langsung ke AS. kalau itu selesai ,Manado akan jadi gateway utama .Sekarang ini sedang dalam pembangunan .dan di katakan akan selesai tahu depan.

Efek yang di hasilkan dari pembangunan tersebut adalah , koneksi akan lebih cepat karena dari Indonesia timur bisa langsung  ke Manado dan ke AS latensinya rendah,imbuh Ririek.

Selain proyek kabel optik internasional tersebut,saat ini juga ada sebuah proyek sulawesi maluku papua Calbe System yang di jalankan oleh perusahaan Telkom.Dan proyek ini di maksudkan untuk memperluas konektivitas dan meningkatkan kapasitas layanan data daerah yang sebelumnya tidak terjangkau di area-area tersebut, seperti indonesia timur.