Jenis Kertas Untuk Cetak Brosur Dalam Dunia Percetakan

Jenis Kertas Untuk Cetak Brosur Dalam Dunia Percetakan– Telah kita tau jika brosur adalah salah satu media yang memang banyak digunakan oleh setiap orang untuk promosi sebuah bisnis atau bisa juga untuk promosi dalam berbagai macam pendidikan seperti sekolah atau bisa juga sebuah kuliahan. Yang memang mereka gunakan untuk mempromosikan sebuah kegiatan atau segalanya tentang bisnis mereka dan juga seputar sekolah mereka. Namun untuk bisa mencetakkan sebuah brosur itu tentunya harus bisa memperhatikan berbagai macam hal agar brosur yang sudah dicetak bisa mendapatkan hasil yang baik. Seperti halnya jenis – jenis kertas untuk cetak brosur, desain yang digunakan atau tempat cetak yang bisa digunakan untuk mencetakkan brosur anda ini. Dan jangan lupa jika anda harus benar – benar memperhatikan tempat pencetakan brosur itu sehingga anda bisa benar  – benar mendapatkan kualitas yang bagus.

Untuk hal yang memang juga penting dalam hal pencetakan sebuah brosur salah satunya yaitu jenis – jenis kertas untuk cetak brosur. Karena sebuah kertas yang digunakan pastinya juga kan banyak mempengaruhi tentang kualitas atau cocok tidaknya sebuah kertas itu untuk brosur yang kamu gunakan. Untuk jenis – jenis kertas untuk cetak brosur ada dua jenis yaitu sebuah kertas HVS dan juga kertas Art Paper.

Contoh kertas art paper
Contoh kertas art paper

Untuk kertas HVS pastinya sudah banyak yang tau karena memang untuk kertas HVS sudah banyak digunakan untuk kegiatan sehari – hari atau sering digunakan untuk berbagai macam, hal yang mengunakan kertas. Seperti halnya fotocopy atau print sehingga tak perlu dijelaskan lagi. Untuk kertas HVS ini selain memiliki atau berwarna putih, jenis kertas ini juga ada yang memang berwarna warni  dan biasanya untuk kertas HVS ini banyak digunakan untuk mencetak sebuah brosur yang memang satu warna saja dan bukan sebuah brosur dengan full colour. Contohnya saja sebuah brosur daftar harga mobil.

Contoh kertas HVS
Contoh kertas HVS

Untuk jenis kertas Art Paper biasanya digunakan untuk mencetak sebuah brosur yang memang full colour atau berwarna dan seringnya kertas ini disebut sebagai kertas mengkilat. Memang banyak orang yang menilai atau menyebutnya kertas Art Paper sebagai kertas mengkilat karena memang kertas ini lebih terkesan licin dan juga lebih mengkilap daripada kertas HVS. Sehingga banyak orang yang menyebutkan jenis kertas untuk cetak brosur ini sebagai kertas mengkilat.Bisanya untuk orang – orang yang memang menyukai menggunakan kertas Art Paper bisa ditambah dengan adanya sebuah laminasi glossy sehingga akan mengkilat.

Untuk jenis – jenis kertas ini memiliki sebuah gramateur kertas brosur tersendiri, untuk sebuah kertas HVS anda bisa menggunakan  sebuah kertas dengan berat 70 gram atau 80 gram dan kalau untuk kertas Art Paper lebih banyak memiliki varian pilihan cetak  brosur seperti  100 gr, 120 gr , 150 gr, 190 gr dan 210 gr. Dan semakin kecil berat dari kertas itu maka semakin murah juga cetak brosur tersebut.