Kebakaran Sumatera, Banten Terdampak Asap-Info Berita Printing

Info Berita Printing – Untuk  memaksimalkan pemadaman terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla)  yang terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho meminta pemerintah memanfaatkan potensi awan hujan yang datang di seminggu terakhir di bulan Oktober.

Info Berita Printing
Info Berita Printing

Oleh karena  itu, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan meminta Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Arya Juliandi Rahman untuk berkoordinasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dan BMKG untuk penyemaian garam ke awan untuk mempercepat turunnya hujan.

Selain itu, Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa juga meminta sang gubernur untuk terus memperbaharui informasi kondisi udara diwilayahnya. Bahkan, ia mengintruksikan agar data tersebut disampaikan stiap 30 menit melalui siaran radio lokal.

“Setiap 30 menit RRI bisa menginformasikan lewat radio level ISPU sehingga bupati hingga level RT/RW bisa instruksikan evakuasi ke tempat yang sudah disediakan,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Mulyono Prabowo juga memaparkan adanya potensi awan hujan di sejumlah wilayah di Sumatera bagian tengah, Sumatera ke arah timur,dan  Palembang ke arah timur dalam beberapa hari mendatang.

Potensi awan hujan tersebut juga di perkirakan bakal muncul sejak siang hingga sore di sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Sampai beberapa hari ke depan potensi ini di perkirakan akan muncul. Ini jadi kesempatan untuk operasi hujan buatan menyemai awan,” tukasnya