Kecelakaan KRL Terjadi Karena Kelalaian Asisten Masinis-Info Berita Printing

Info Berita Printing-Pihak berwenang menyelidiki sebab musabab terjadinya tabrakan Kereta api Listrik yang bernomor 1156 dan 1154  yang terjadi pada Rabu 23 september 2015 lalu.Hal tersebut di dasari pernyataan dari Direktur Keselamatan PT KAI Candra Purnama yang mengatakan bahwa kecelakaan tersebut terjadi karena merupakan faktor kalalaian manusia atau human error.

Kecelakaan KRL Terjadi Karena Kelalaian Asisten Masinis-Info Berita Printing
Kecelakaan KRL Terjadi Karena Kelalaian Asisten Masinis-Info Berita Printing

Direktur Reserse Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti di Mapolda Metro Jaya masih melakukan penyelidikan terkait hal tersebut apakah terjadi tindak pidana ataukah tidak.

Krisna menyatakan bahwa hingga kini pihaknya belu menetapkan siapapun sebagai tersangka termasuk asisten masinis KRL 1156 Krisbanu Dwi Anggoro yag di duga tidak teliti dalam  membaca rambu saat mengemudi kereta tersebut yang akhirnya terjadi tabrakan.

Dari hasil olah TKP, kesimpulan sementara yang di dapat penyebab terjadinya kecelakaan adalah asisten masinis yang tidak hafal posisi signal blok 102 sehingga menabrak gerbong paling belakang KRL 1154 yang sedang di parkir di peron jalur 2 di Stasiun Juanda.

Jika hasil penyelidikan yang d lakukan atad Krisbanu yangmenunjukan sebuah unsur kepidanaan maka asisten masisis tersebut akan terancam hukuman Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan orang lain mati atau luka-luka dengan ancaman penjara selama 5 tahun.

Pihak Direktur keselamatan PT.KAI Candra Purnama menjelaskan kejadian tersebut karena asisten masinis yang saat itu mengemudikan kereta tidak melihat aspek sinyal warna kuning dari stasiun Sawah besar yang tiba-tiba aspek berwarna merah karea masuk stasiun Juanda yang saat itu ada KRL 1154 sedang parkir di situ.