Kiat Usaha: Strategi Bisnis Percetakan agar Omset Meningkat

info percetakan-Bisnis percetakan dengan omzet penjualan tinggi memerlukan strategi bisnis yang briliant dan kesabaran dalam penerapannya. Strategi bisnis dalam bisnis percetakan sering dilupakan oleh para pelaku bisnis percetakan itu sendiri. Kenapa? Karena bisnis percetakan merupakan jenis bisnis yang benar-benar menimbulkan kondisi stress yang amat tinggi disebabkan oleh tuntutan deadline kerja yang teramat ketat waktunya.

Nah, bagaimana strategi bisnis percetakan dalam meningkatkan omzet perbisnisan percetakan anda?

Kian hari bisnis-bisnis percetakan semakin menjamur, tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi para konsumen, sebab mereka punya banyak pilihan, namun bagi para pelaku bisnis percetakan, tentu saja hal ini menjadi mimpi buruk, sebab saingan semakin ketat, yang tidak bisa bertahan akan tumbang walau dipaksakan tetap eksis dengan omzet penjualan yang terkadang minus.

Walau demikian, bagi mereka yang belum memiliki strategi harga jual produk bisnis percetakan tentu tidak ada kabar buruk apalagi kiamat, sebab semuanya ada jalan keluarnya.


Strategi Bisnis Percetakan dalam meningkatkan perolehan omzet penjualan

Dalam dunia bisnis, salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan perolehan omzet penjualan yang relatif tinggi adalah penerapan strategi bisnis, oleh sebab itu, bagi mereka yang tengah terjun dalam dunia bisnis percetakan perlu memiliki strategi  bisnis bisnis percetakan yang mantap, sebab tanpa itu ya siap siap aja gulur tikar.

Berikut ini adalah strategi bisnis bisnis percetakan yang jarang sekali dipakai orang namun tingkat keberhasilannya sudah lumayan teruji.

  1. Pentingkan kualitas, ini prinsip paling dasar dalam strategi bisnis percetakan yang mantap, segencar apa pun marketing percetakan anda, tanpa diiringi dengan hasil cetakan yang bagus akan membuat pengguna akan kecewa berat.Untuk memenuhi kualitas yang baik, tentu pilihan untuk tidak membanting harga adalah pilihan yang tepat, sebab pada kenyataannya para pemesan lebih memilih harga yang agak malah sedikit mahal tapi kualitas yang lebih baik.
  2. Lokasi memang penting dalam strategi bisnis percetakan yang ampuh, namun jika lokasi bisnis Anda tidak begitu strategis Anda bisa mengantisipasinya dengan menggunakan jejaring sosial facebook, atau memperbanyak kenalan Anda di berbagai instansi. Cara ini dapat memberi hasil yang lebih baik daripada memilih lokasi strategis yang biasanya memiliki harga sewa tempat yang mahal.
  3. Jika koneksi Anda sudah banyak, maka langkah selanjutnya Anda harus mulai terbiasa membuat proposal bisnis percetakan dan promosi. Kemampuan untuk membuat proposal dan promosi merupakan salah satu strategi bisnis percetakan yang ampuh karena kebanyakan para pelaku bisnis percetakan biasanya tekun dalam dunia percetakan saja, namun lemah dalam aspek pembuatan proposal, promosi atau pun lobi.Instansi memang jarang memesan ke percetakan, namun jika proposal Anda sudah disetujui, instansi biasanya melakukan pemesanan dalam jumlah yang banyak.
  4. Berilah potongan kepada kawan Anda atau kepada koneksi Anda meski hanya Rp.500 atau Rp.1000 saja. Cara ini juga menjadi strategi bisnis percetakan yang ampuh, sebab kawan dan koneksi Anda akan merasa bahwa mereka diorangkan.


Berhati-hatilah…!!!

Kehati-hatian harus menjadi bagian dari strategi bisnis percetakan yang ampuh yang Anda miliki, semakin besar keuntungan yang Anda peroleh tentu tingkat kehati-hatiannya pun harus semakin ekstra tinggi, berikut ini langkah yang harus Anda pikirkan saat mengambil proyek besar :

  1. Tertibkan administrasi terutama dalam membuat laporan harus sesuai dengan barang yang ada. Memang dalam proyek besar selalu aja godaan untuk melakukan mark-up cukup kuat, namun jika Anda tidak tahan godaan itu, pastinya akan membuat pelanggan kecewa.
  2. Saat mengambil proyek yang besar, pastikan Anda punya sub proyek yang Anda percaya, sebab konsumen tidak peduli dengan sub Anda, tapi yang dilihat adalah Anda. Oleh sebab itu membangun hubungan yang baik dengan sesama pelaku bisnis percetakan yang Anda percaya juga menjadi bagian dari strategi bisnis percetakan yang mantap.

Silahkan aplikasikan strategi bisnis percetakan di atas, pastikan bahwa semester depan Anda sudah bisa mereguk omzet penjualan (laba keuntungan) yang besar. Tentunya dengan tetap memperhatikan hukum syara’ terkait boleh tidaknya order tersebut kita terima menurut aturan islam. Karena bukan hanya besar atau kecilnya yang kita dapat, namun juga berkah tidaknya pendapatan yang kita peroleh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.