KKP Tenggelamkan 6 Kapal Pencuri Ikan- Info Berita Printing

Info Berita Printing – KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) kembali melakukan penenggelaman kapal asing yang malakukan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia. Penenggelaman kapal tersebut dilakukan di perairan Batam, Kepulauan Riau pada Sabtu (31/10/2015).

Info Berita Printing
Info Berita Printing

Direktur PPKKP Tyas Budiman mengatakan bahwa  lokasi penenggelaman kapal berada di sebelah timur Pulau Awi 0.9 NM, utara Pulau Kila 0.8 NM dan barat Pulau Ayer Raja 0.9 NM pada kedalaman 24,7 meter dan di Batam di perairan yang sama seperti tanggal 20 Oktober 2015 lalu. Tidak jauh dari sana,” ujarnya

Beliau  menjelaskan, bahwa ada enam kapal asing yang akan ditenggelamkan.Dan Keenam kapal tersebut berbendera Vietnam dengan bobot mati antara 32 gross ton (GT) hingga 36 GT dan telah ditangkap pada 1 Agustus 2015.

Adapun Kapal-kapal yang ditenggelamkan tersebut, antara lain KM BV 95228 TS dengan bobot 35 GT, KM BV 95632 TS dengan bobot 36 GT, KM BV 95472 TS dengan bobot 32 GT, KM BV 75169 TS dengan bobot 32 GT, KM BV 95609 TS dengan bobot 36 GT dan KM BV 95038 TS dengan bobot 35 GT.

Tyas menyatakan, bahwa tindak penenggelaman kapal asing pencuri ikan tersebut merupakan hasil kerja sama antara KKP dengan TNI Angkatan Laut (AL) dan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Riau. “Hal ini hasil kerja sama kami dengan TNI AL, Muspida Riau,” tandasnya.

Sebelumnya,  PSDKP Asep Burhanudin mengatakan, bahwa dalam setahun terakhir ini Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menenggelamkan sekitar 101 kapal asing yang tertangkap melakukan kegiatan illegal fishingdi Indonesia.

Penenggelaman kapal tersebut dilakukan atas kerjasama antara KKP, Polair dan juga TNI Angkatan Laut dan sudah ada 101 kapal dalam setahun ini,” ujarnya.

.

Agar dapat mengakomodir tugas penangkapan kapal pencuri ikan ini, Asep meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti agar mengajukan usul pada sidang kabinet agar kapal pengawas yang di miliki oleh KKP juga dilengkapi dengan peralatan untuk melawan kapal pencuri ikan.