Mengenal Jenis Tinta Printer Dan Fungsinya

Kursus Digital Printing – Jika anda merupakan salah satu pengguna mesin printer maupun mesin fotocopy  pastinya sudah tau jenis – jenis tinta printer , mulai dari tinta yang biasa hingga tinta anti air. Jika anda ingin lebih tau mengenai jenis tinta printer berikut ulasannya mengenai jenis tinta printer dan fungsinya :

Mengenal Jenis Tinta Printer Dan Fungsinya
Kursus Digital Printing -Mengenal Jenis Tinta Printer Dan Fungsinya

Tinta printer dya base

Tinta dye based merupakan tinta yang berbahan dasar air dan juga telah dicampur dengan bahan pewarna sehingga untuk kemungkinan tinta mengendap akan lebih kecil.  Untuk jenis tinta ini memang jauh lebih murah dibandingkan dengan tinta jenis yang lainnya.

Tinta printer pigment

Tinta ini merupakan jenis tinta yang memiliki ketahanan air cukup bagus, memapu cetak dengan kulitas tajam, serta pekat. Banyak digunakan untuk cetak di kertas Inkjet printer, HVS, maupun photo paper. Jenis tinta ini tak bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang maka printheadnya akan tersumbat dan mengering.

Tinta printer pigment art paper ink

Printer satu ini sangat cocok digunakan untuk percetakan dalam skala kecil maupun percetakan dengan skala besar sering digunakan untuk cetak kertas art paper dengan kualitas gambar kecil. Tinta ini bisa digunakan untuk printer jenis Epson sperti Epson R230, Epson C90, Epson T11, dan lainnya.

Tinta printer solvent

Tinta solvent merupakan jenis tinta printer yang memiliki sebuah ketahanan paling baik terhadap air serta UV. Bahan – bahan pembuatanya telah disesuaikan dengan tipe printer Outdoor. Tinta ini banyak digunakan untuk cetak outdoor seperti spanduk, banner, neonbox, billboard dan lainnya. Printer ini banyak digunakan untuk cetak outdoor karena dengan menggunakan tinta ini hasil cetakannya kan lebih awet dai air serta UV.

Tinta printer eco solvent

Printer ini memiliki karakter yang cukup mirip dengan tinta printer solvent hanya saja printer ini sedikit kurang tahan terhadap UV. Namun untuk tinta jenis ini tidak mengeluarkan bau menyengat. Tinta Eco Solvent banyak digunakan untuk cetak indoor.