Menjadi Foto Model yang Profesional

foto model'Menjadi Foto Model yang Profesional, Banyak orang ingin menjadi model atau foto model yang terkenal. Mereka membayangkan betapa nikmatnya kehidupan seorang model yang selalu tampak glamor. Banyak juga yang mengira bahwa menjadi model hanya butuh wajah cantik dan tubuh sempurna. Namun dibalik semua itu, sebenarnya untuk menjadi seorang foto model butuh usaha keras, ketekunan, kesabaran dan sikap profesional. Baiklah, sebelum kami jelaskan cara menjadi model, kamu perlu tahu hal-hal dasar mengenai profesi dan kegiatan Foto Model.

 

Apa itu Foto Model?

Foto Model adalah seseorang yang menjadi objek dalam sebuah aktivitas fotografi. Jadi sebenarnya siapapun yang pernah difoto (meskipun hanya dengan kamera HP) bisa disebut dengan Foto Model. Oleh karena itu, ada istilah Foto Model Hobi yang berfoto sekedar untuk hobi dan Foto Model Profesional yang punya banyak pengalaman foto untuk seni fotografi maupun industri periklanan.

Seperti :

  • Model Hunting Foto / Pemotretan untuk seni fotografi
  • Model Majalah
  • Model Kemasan Produk
  • Model Toko Online / Model Website
  • Model Iklan
  • Dan masih banyak lagi…

 

Mengapa Memilih Menjadi Foto Model?

Menjadi foto model adalah kegiatan yang memungkinkan bagi semua orang. Berbeda dengan Fashion Model / Catwalk Model yang menuntut kesempurnaan bentuk fisik. Dengan kata lain, untuk menjadi foto model kamu tidak harus tinggi, tidak harus langsing dan tidak harus mati-matian diet untuk menjaga bentuk tubuh. Sebagai pengetahuan saja, Fashion Model wanita harus punya tinggi lebih dari 170 cm dan berat badan dibawah 50 kg, serta bentuk tubuh yang proporsional. Sedangkan dalam foto model, yang dibutuhkan adalah wajah yang menarik, keunikan dan kemampuan ekspresi. Bentuk tubuh tidak harus sempurna.

 

Apa Motivasi Yang Benar Untuk Menjadi Foto Model?

Banyak yang ingin menjadi foto model karena mengira menjadi foto model itu hanya senang-senang saja kerjanya, mudah mendapatkan uang, langsung bisa terkenal, dan segudang impian manis lainnya. Semua impian itu memang bisa terwujud, namun dengan usaha yang keras, keseriusan dan ketekunan. Tidak ada jalan pintas untuk menjadi foto model top dalam waktu singkat. Semua butuh proses.

Motivasi atau tujuan yang benar dalam dunia foto model yaitu karena kamu senang mengekspresikan diri kamu dalam foto. Hasil foto yang terbaik itulah tujuan kamu. Untuk foto model pemula, janganlah dulu mengharapkan langsung terkenal dan banyak uang seketika bergabung dengan FotoModelTop.Com. Karena harapan yang terlalu besar akan membebani pikiran kamu. Nikmati saja prosesnya. Jadikan kegiatan foto model sebagai hobi yang menyenangkan.

Nanti pada waktunya, apabila kamu sudah banyak pengalaman, kamu akan mendapatkan banyak kesempatan untuk menjadi terkenal dan banyak uang.

 

Berapa Penghasilan Foto Model?

Penghasilan seorang foto model sangat tergantung profesionalitas, pengalaman, dan nilai proyek yang dikerjakan. Seorang Foto Model Profesional bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta untuk satu kontrak pemotretan. Sedangkan untuk model pemula atau amatir, tetap bisa mendapatkan uang, namun jumlahnya tidak banyak.

 

Apakah Menjadi Foto Model Harus Berani Tampil Seksi?

Tidak. Semua kembali kepada dirimu. Untuk model kelas international, tampil seksi memang bukanlah hal yang tabu. Namun bila kamu memilih untuk mempertahankan nilai moral kamu, kamu boleh membatasi diri kamu hanya menerima tawaran foto yang sopan-sopan saja. Dalam dunia foto model, tampil seksi atau sopan adalah sebuah pilihan, bukan keharusan.

 

Berjilbab Apakah Bisa Jadi Foto Model?

Bisa. Karena ada juga orang atau perusahaan yang membutuhkan foto model berjilbab. Misalnya produsen busana muslim, foto iklan produk waktu ramadhan, model produk yang bernuansa agama, komunitas hijabers, dan masih banyak lagi.

 

Bagaimana Cara Menjadi Foto Model?

Ada banyak cara untuk mulai menjadi foto model.

  1. Untuk menjadi foto model’ yang pertama jangan mengandal’kan editan hasil foto, jadi usahakan semua foto yg belom di edite itu memang sudah bagus (hasil jepret pertama)..
  1. Banyak berkaca (bukan nyindir) yang di maksud banyak berkaca, cara posisi terbaik (anjel) terbaik saat di kaca dari. Sisi mana saja waja, rambut tubuh kamu yang cucok (bagus). bukan ngaca sambil bibir manyun-manyun atau muka di kerutin gaya allay.
  1. Usahakanlah wajah dan kulit kamu bersih. Selalu.(Bebas jerawat dan flek) kan kasihan foto graph’nya ngedite muka kamu, alhasil fotographnya males pakek kamu jadi model’nya..
  1. Selalu kuatkan expresi kamu di mata dan bibir (jangan ngalay lah ya), tatapan mata kamu jangan kosong dan bibir kamu buat sesensual mungkin,
  1. Bila kamu jadi model salah satu produk. Bawalah emosi kamu diproduk tsb ke dalam foto,maksudnya emosi adalah penjiwaan’nya sehingga orang yg melihat barang yg kamu pakekpun tertarik untuk membeli’nya.
  1. Sebelum berpose ingatlah kalian adalah objek jadi usahakan tanam dalan fikiran kalian hal-hal baik, biar aura di foto tsb pun dapat di lihat,
  1. carilah pose senyaman mungkin. Agar hasilnya pun bagus.
  1. .jangan pernah komplen dengan sketsa atau tema foto yang bakal jadi sesi kamu, bila masih dalam batas wajar.

Itulah tips bagaimana cara menjadi foto model yang profesional, semoga bermanfaat.

37 thoughts on “Menjadi Foto Model yang Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published.