Merawat Printer Laserjet Agar Tidak Cepat Rusak

Cetak Foto – Printer adalah sebuah hardware yang wajib untuk anda gunakan. Dengan adanya printer maka anda dapat mencetak dokumen baik berupa tulisan, gambar, foto berharga dan lain-lain dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Sekarang Sudah di jual bermacam-macam  jenis printer yang dapat kita temukan di mana-saja, ada printer ink jet, printer laser dan printer biasa. Printer-printer tersebut sangatlah rentan terhadap kerusakan dan untuk menekan terjadinya kerusakan diperlukan sebuah langkah tepat untuk merawat printer apa lagi printer ini printer yang baru saja anda beli. Yuk simak tip di bawah ini !

  1. Pakai alat cetak dengan gramatur pas dengan spesifikasinya printer, alat cetak bersama gramaturterlampaui tinggi bakal berikan beban lebih kepada satuan pemanas (fuser)maka cetakan kepadasarana cetak enteng rontok & terhapus.
  2. Jauhkan dari sinar matahari serta-merta, sebab di dalam cartridge printer laser terdapat OPC Drum merupakan satu buah komponen yang amat peka cahaya & sangguprusak permanen jikaterkena cahaya matahari serta-merta.
  3. Jangan diamkan printer berlama-lama dalam artian gunakan printer sesering mungkin, jangan sampai printer tidak digunkan sama sekali. Printer inkjet yang dibiarkan berlama-lama akan menyebabkan tinta di head cartridge kering, sehingga akan menyumbat proses pengeprint-an
  4. Hindarkan memanfaatkan printer laser dalam lingkungan yang terlampaui lembab, sebab serbuk toner dalam cartridge-nya gampang rusak oleh kelembaban hawa yg terlampaui tinggi.
  5. Pakai printer laser bersama daya listrik yang stabil, kalau butuh pakai stabilizer atau stavolt.
  6. Janganlah memanfaatkan toner cartridge yang telah bocor, sebab tumpahan serbuk toner bisatersebar di dalam printer & menyebabkan kerusakan. Utk itu sebelum memasukkan toner cartridge ke dalam printer pastikan tak ada kebocoran serbuk toner.
  7. Janganlah berikan beban kerja melebihi spesifikasinya printer. Tiap-tiap printer lasermempunyai duty cycle yang sudah ditetapkan oleh produsennya, duty cyclemenyebutkan beban kerja printer dalam 1bulan yang dinyatakan bersama pages per month. Misal printer laser dengan duty cycle 10.000 pages per month tak bolehdimanfaatkan membentuk lebih dari itu lantaran mampuberdampak kepada umur gunakan komponen cartridge ataupun printernya.
  8. Apabila berlangsung paper jam di dalam printer, pastikan anda melepas toner cartridge-nyaapalagi dulu baru seterusnya tarik kertas yang terhenti di dalam printer, trikmenariknya ialah sejalanjalannya kertas & tak boleh sebaliknya.
  9. Seandainya Kamu mau lebih hemat dalam membentuk, anda bakal memanfaatkan jasa refill atau membeli cartridge compatible, tetapi pastikan dahulu mutu refillerataupun compatible yang Kamu beli. Pemakaian cartridge refillan & cartridge compatible yang bermutu bagus tak bakalmerusak printer anda.
  10. Janganlah memakai kertas seken, dikarenakan bakal enteng mengalami paper jam. JikalauKamu mau membentuk bolak-balik sekian banyak printer laser mempunyaifeature “duplex” yang mempu mecetak bolak-balik sekali jalan.
  11. Selalu manfaatkan Clean Head pada printer secara berkala untuk tetap menjaga tinta keluar dengan lancar.
  12. Hindarkan memakai printer laser dalam lingkungan yang terlampaui berdebu, lantaran debumampu masuk ke dalam satuan laser (scanner) maka mengurangi mutu cetaknya.
  13. Matikan printer secara benar, Mematikan printer secara benar yaitu dengan menekan tombol power. Dengan menekan tombol power pada saat mematikannya, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum kembali (parkir) di tempatnya. Hal ini akan menjadikan head cartridge selalu bersih serta terjaga dari kebuntuan. Hilangkan kebiasaan mematikan printer dengan cara langsung mencabut kabel power.

Semoga dengan tips-tips di atas dapat membantu anda dalam merawat printer Laserjet anda di rumah atau di perusahaan , Semoga bermanfaat.

18 thoughts on “Merawat Printer Laserjet Agar Tidak Cepat Rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published.