Mesin Digital Printing Vs Mesin Offset Printing

Mesin Digital Printing Vs Mesin Offset Printing –  Mesin offset printing merupakan sebuah alat cetak yang sering digunakan untuk cetak dengan jumlah yang tinggi atau banyak. Dimana cara kerjanya yaitu dengan menggunakan sebuah plat cetak tau film yang berisi sebuah gambar yang ingin dicetak ke dalam sebuah media.  Berbeda dengan mesin digital printing dimana semua perancangannya dilakukan di computer dan kemudian tinggal di proses dengan mesin digital printing tersebut yang selanjutnya siap untuk dicetak. Sehingga hasilnya biasanya jauh lebih cepat daripada mesin digital offset. Dengan perbedaan tersebut, anda bisa memilih menggunakan jenis cetak digital atau offset sesuai dengan kebutuhan anda. Agar lebih jelasnya lagi anda memilih yang mana,

Berikut ini merupakan perbedaannya antara mesin offset printing dan mesin digital printing :

Mesin offset printing

Mesin Digital Printing Vs Mesin Offset Printing
Mesin offset printing
  • Cocok untuk jumlah yang banyak

Dalam hal pencetakannya biaya yang digunakan bersifat tetap, karena satu kali buat palte cetak untuk cetak hingga tak terhingga. Jadi semakin banyaknya jumlah cetak maka hasilnya juga semakin murah, sehingga bagi anda yang ingin cetak jumlah banyak solusi tepatnya yaitu mesin cetak offset.

  • Prosesnya lebih panjang

Mengingat untuk cetak offset harus membuat plate cetak per lembar dan juga perwarna, kemudian harus menyiapkan blangket baru bisa melakukan proses cetak sehingga waktunya akan jauh lebih lama.

  • Bekerja pada media bertekstur

Media ini bisa lebih bekerja dengan efektif karena mampu mencetak kertas yang bertekstur, tipis hingga kertas glossy dan lainnya namun hasilnya tetap bagus.

Mesin digital printing

Mesin Digital Printing Vs Mesin Offset Printing
Mesin Digital Printing
  • Waktu lebih cepat

Mengingat disini tak perlu menggunakan plate cetak, dan desain sudah ada di media computer maka saat desain sudah jadi langsung siap untuk dicetak sehingga lebih cepat.

  • Cocok untuk cetak terbatas

Untuk bisanya cetak dengan menggunakan mesin ini akan dikenakan biaya dengan perlembarnya, jika anda mencetak jumlah sedikit maka biaya produksi dengan mesin ini lebih murah, maka jika ingin cetak dalam jumlah yang banyak harganya pun akan lebih mahal dari pada mesin cetak offset.

  • Hanya mampu bekerja pada media tertentu

Tidak semua kertas bisa menerima sebuah paparan warna dengan mesin digital printing secara baik, karena ada berberapa kertas yang biasanya akan bleber dan bahkan tidak bisa tercetak. Sehingga mesin digital printing tidak terlalu bisa untuk mencetak segala bentuk media.