Satelit Buatan Indonesia Di Luncurkan hari Ini-Info Berita Printing

Info Berita Printing-Satelit pertama buatan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) di kabarkan akan di luncurkan tepat pada hari ini senin 28 sebtember 2015.Satelit pertama milik LAPAN ini di beri nama ‘Lapan A-2’ yang akan lepas landas dengan menumpang bersama roket milik India yaitu Astrosat.

Info Berita Printing
Info Berita Printing

Situs resmi LAPAN menuliskan bahwa satelit ini di jadwalkan akan meluncur pada pukul 10.00 waktu india.Satelit Lapan ini nantinya akan di orbitkan di dekat ekuator dengan inklinasi enam derajat pada ketinggian 650 kilometer dari ermukaan bumi.

Dengan orbit yang mendelati garis ekuator ,satelit Lapan A-2 ini akan melintasi wilayah Indonesia sebanyak 14 kali setiap harinya dengan kurun periode orbit 100 menit.

Satelit ini akan bergerak pada cangkupan enam derajat Lintang Selatan hingga enam derajat Lintang utara dan satelit ini dari awal di rancang untuk memantau wilayah nusantara dari luar angkasa pada titik tersebut.

Lapan A-2 ini merupakan satelit ekuator pertama buatan indonesia yang sepenuhnya di kembangkan oleh para peneliti dan perekayasa di Lapan sendiri.Dalam perencanaannya pembuatan dan uji coba telah di coba ran di rampugkan pada Agustus 2012 tahun lalu.

Satelit Lapan ini memiliki berat 78 kilogram denan dimensi 500x470x380 kilometer.Untuk memantau wilayah RI ,satelit ini memiliki kamera video analog dengan resolusi lima meter dan kemera digital beresolusi 3,5 meter.Di lengkapi dengan AIS (automatic Identification System) memungkinkan satelit ini mampu mendeteksi ribuan kapal dengan cakupan area pengamatan mencapai ribuan kilometer.

Lapan A-2  ini memiliki misi utama yakni memantau permukaan tanah air, mengidentifikasi kapal laut dan juga komunikasi radio amatir.Untuk misi operasi keamanan laut,perikanan dan juga eksplorasi sumberdaya kelautan di Indonesia.

Sedangkan untuk misi komunikasi radio amatir  di tujukan untuk komunikasi pada kondisi darurat bencana dan kegiatan radio amatir dalam mendukung kepentingan nasional.