Sepeda Charge HP buatan Anak ITS -Info Berita Printing

Info Berita Printing Tim mahasiswa ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Surabaya menciptakan sepeda kayuh kusus berkode E2-Bike atau sering di sebut Electrik Eco Bike yang sapat berfungsi mengisi daya baterai ponsel/telepon genggam.

Sepeda Charge HP buatan Anak ITS -Info Berita Printing
Sepeda Charge HP buatan Anak ITS -Info Berita Printing

E2-Bike  adalah sebuah charge hp yang ramah lingkungan karena daya baterai di dapat dari bantuan sepeda,sehingga sangat mengurangi konsumsi listrik, tutur ketua tim mahasiswa ITS Al Fath ketika di wawancarai di kampusnya.Di temani empat rekannya ,ia mengikutsertakan karyanya pada Program kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta(PKM-KC) pada Pimnas ke 28 di kendari pada 5-9 oktober.

PKM berjudul Generator Listrik Tenaga Rotasi Magnet Pada E2-Bike untuk charge hanphone itu di latar belakangi oleh kebutuhan energi listrik yang terus meningkat di indonesia.

E2-Bike tidak menggunakan sumber listrik dari PLN tetapi memanfaatkan gaya gerak listrik induksi magnet dan alternator sebagai pembangkit energi listriknya.Induksi listrik di hasilkan oleh magnet permanen neodyum yang di pasang pada pelek roda belakang sehingga menginduksi kumparan kawat yang di lilitkan pada besi berbentuk U.Setelah mendapatkan energi listrik dari elternator dan GGL induktor, maka energi listrik akan menuju ke sistem charging.

Dan sistem charging tersebut berfungsi sebagai penyeimbang dan penyumbang tegangan dan daya.Pada sistem ini akan mengirimkan sinya kepada voltage sensor sebagai safety system ketika tegangan pada storage telah penuh.