Tanpa Tinta, Printer Inovatif Gunakan Air

Ilmuwan mengembangkan printer inovatif yang tidak memerlukan tinta. Hanya dengan air, namun hasil cetakan yang keluar akan memudar dalam waktu sehari. Kertas pun kembali putih dan dapat digunakan kembali.

Dilansir Watoday, Rabu (29/1/2014), tim ilmuwan mengklain bahwa teknologi “water-jet” memungkinkan setiap halaman untuk dapat di-print sampai puluhan kali. Dengan demikian, pengguna akan lebih menghemat biaya pengeluaran.

Sean Xiao-An Zhang, profesor kimia di Jilin University, China mengatakan bahwa beberapa data statistik internasional menunjukkan bahwa 40 persen cetakan di kantoran dibuang ke keranjang sampah setelah satu kali teks pada kertas itu dibaca.

Teknologi yang dikembangkan ini, memungkinkan pembuatan kertas khusus, yang akan bereaksi saat terkena air. Ketika terkena air, kertas akan menampilkan warna tertentu dan kemudian perlahan memudar.

Cetakan akan memudar dalam waktu 22 jam pada temperatur ruangan di bawah 35 derajat karena air mengalami penguapan. Semakin tinggi suhu ruangan, maka semakin cepat ‘tinta’ air tersebut menghilang.

“Air adalah sumber daya terbarukan dan jelas tidak menimbulkan risiko terhadap lingkungan,” ungkap peneliti dalam studinya.

4 thoughts on “Tanpa Tinta, Printer Inovatif Gunakan Air

Leave a Reply

Your email address will not be published.