fbpx

Info Percetakan: Tips Hebat dan Luar Biasa Memperbaiki Printer Anda

Info Percetakan– Sangat menyebalkan ketika ingin mencetak dokumen, lalu printer eror, dan kita bingung cara memperbaiki printer kita. Ketika harus buru-buru ke kampus untuk TA, meeting kantor, hal ini membuat stres. Sebuah teknologi printer yang harusnya membantu manusia malah membuat masalah baru. Pada kesempatan kali ini saya akan membagi tips memperbaiki printer. Dengan kita tahu hal-hal dasar dalam memperbaiki printer, setidaknya akan mengurangi kadar emosi anda ketika masalah terjadi.

Nah berikut saya bagikan tipsnya, antara lain:

  • Error Message

Error message sering kali muncul di saat kita sedang mencetak melalui printer kesayangan kita. Banyak orang yang tidak mengerti cara memperbaiki printer stress karena hal ini. Cobalah baca perlahan error message yang muncul dan pelajari dimana letak kesalahannya. Jika anda tidak mengerti, coba copas ke google. Om google sering menjadi jalan pintas tercepat untuk masalah seperti ini. Jika anda tidak terhubung ke internet, coba buka kembali kardus printer anda. Coba buka dan pelajari buku manual anda. Ada beberapa kesalahan standar yang dicantumkan disitu untuk anda mengerti. Error yang sering terjadi pada umumnya adalah tinta atau kertas yang habis.

  • Paper Jam atau Kertas Macet

Tips sederhana mengatasi kertas macet adalah dengan menata ulang kertas. Mudah bukan? Ya memang begitu seharusnya. Banyak paper jam terjadi akibat peletakan kertas yang tidak rapi pada tray. Jika ada kertas yang tersangkut di dalam, buka dan keluarkan perlahan. Ingat langkah ini harus dilakukan secara hati-hati.

 

Nah itu tadi beberapa langkah sederhana memperbaiki printer. Namun anda pasti lebih memilih printer anda tidak pernah rusak bukan? Agak mustahil sih, tapi masih bisa diusahakan. Untuk itu anda harus rajin memelihara printer seperti berikut:

  • Bersihkan
    Mencegah lebih baik daripad mengobati. Peralatan elektronik itusering rewel jika jarang dibersihkan.  cara membersihkan printer adalah dengan membersihkan debu-debu pada printer. Debu dan kotoran bisa menggangu kinerja dalam printer. Untuk bagian luar anda bisa menggunakan lap kering atau agak basah. Untuk cartridge, gunakan cotton bud atau pembersih telinga. Anda bisa lumuri sedikit alkohol atau air biasa.
  • Printer Maintenance
    Tips terakhir dalam memperbaiki printer adalah pemeliharaan rutin. Pada umumnya printer jaman sekarang memiliki fasilitas pemeliharaan internal. Dengan sedikit klik, anda bisa melakukan pemeliharaan yang baik pada printer anda.  Printer yang sudah lama tidak digunakan pun bisa bermasalah. Untuk itu gunakan printer anda paling tidak seminggu sekali harus mencetak sesuatu. Hal ini untuk menghindari tinta menjadi kering.

Pemeliharaan sederhana lainnya adalah: head cleaning, print head alignment, ink replacement, nozzle check, dan lain-lain. Fasilitas ini terdapat pada software printer anda. Bacalah manual book untuk mengetahui caranya. Masalah lain yang sering terjadi adalah tinta yang habis. Pastikan anda mengganti tinta anda dengan tinta printer original.

Leave a Reply

Your email address will not be published.