Fotografi – Tips Memotret Batu Akik yang Baik

Fotografi – Tips Memotret Batu Akik yang Baik – Demam batu akik kini sedang mewabah di masyarakat Indonesia. Untuk memperoleh hasil foto batu akik yang bagus adalah terletak pada ketajaman, cahaya, bukaan (EV), urat, dan kilauan batu. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengabadikan keindahan dan keelokan batu akik yang bisa kamu coba.

Tips Memotret Batu Akik yang Baik
Tips Memotret Batu Akik yang Baik
  1. Autofocus

Foto batu akik mesti tajam dan fokusi. Oleh karena itu, pelajari dahulu  seberapa baik autofocus kamera yang kamu pake. Pilihlah mode makro.

 

  1. Fixed Focus

Kamera ponsel tanpa autofocus (cuma Fixed Focus dan EDoF) tidak bisa mengubah jarak fokus kamera, kurang tepat untuk foto yang memiliki jarak dekat. Bila terpaksa menggunakan ponsel fixed focus, maka jangan terlalu dekat ke objek. Jepret sekitar 30 cm atau pada jarak yang paling jelas. Tidak masalah walaupun nampak kecil. Sesudah memotret, lakukan crop foto. Jangan memakai digital zoom sebab foto akan menjadi pecah.

 

  1. Aplikasi

Aplikasi yang bisa digunakan adalah Magnifier. Fokusnya cukup cepat sehingga ketika mengambil foto selanjutnya tidak membutuhkan fokus ulang.

 

  1. Stabil

Foto yang tajam dan detil mengharuskan kamera diam. Gunakan tripod ponsel, dapat pula memakai tongsis atau sandarkan ponsel ke sesuatu yang kokoh. Pakai timer supaya kamera tidak bergoyang ketika menekan tombol foto.

 

  1. Cahaya Cukup

Bauran cahaya matahari dari samping adalah sangat baik untuk melakukan pemotretan. Lampu pijar juga bisa karena cahayanya yang bagus dan alami. Kelembutan cahaya lampu pijar dapat mengurangi pantulan yang menyilaukan dan mengontrol bayangan.

 

  1. Dudukan

Letakkan batu akik pada posisi yang baik, terutama alur yang hendak ditonjolkan. Gunakan jepitan, lem atau selotip bening supaya dapat memperoleh posisi yang bagus.

 

  1. Posisi

Ambil posisi yang terbaik dari batu akik. Upayakan ada semburat cahaya yang melintas melewati batu akik. Sedikit kilauan akan membuat foto menjadi lebih elegan.

 

  1. Latar

Pilih bahan dan warna latar belakang yang cocok untuk batu akik. Bila batunya terang, maka pilihlah latar yang gelap. Namun, jika batunya gelap, maka pilih latar terang. Hal ini bertujuan agar ada kontras tinggi yang akan menarik perhatian. Latar berwarna putih akan memberikan kesan yang bersih. Sedangkan latar hitam berkesan dramatis.

 

  1. Properti

Tambahkan benda pelengkap foto berukuran yang lebih kecil, tetapi jangan sampai mengganggu tampilan. Misalnya, tali kalung, ujung pulpen klasik, atau pojok buku bersampul bagus.

 

  1. No Flash

Jangan menggunakan flash sebab jarak yang terlalu dekat ke objek akan membuat foto berlebihan cahaya dan kehilangkan detil. Flash juga dapat mengarahkan cahaya yang salah ke batu akik, terlalu keras dan membuat arah bayangan kurang tepat. Daripada pakai flash, gunakan senter besar yang cahayanya stabil dan terukur, dan dapat diubah jarak serta sudutnya.

 

Nah itulah Tips Memotret Batu Akik yang Baik semoga bermanfaat.