Tips Mencetak Foto Agar Hasil Lebih Maksimal

Seringkali kita merasa kecewa karena komposisi warna hasil cetakan berbeda dengan apa yang telah kita setting. Atau mungkin sebagian gambar foto terpotong karena ukuran, proporsi atau skala gambar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, saya akan membagikan berbagai tip tentang hal-hal yang penting untuk diperhatikan sebelum Anda mencetak foto.

Persiapan cetak foto merupakan tahap terakhir setelah Anda menyelesaikan proses editing. Namun sebelumnya perlu dipertimbangkan pula media penyimpanan yang hendak digunakan agar setiap saat Anda membutuhkannya, file tersebut tersedia dan mudah untuk dicari. Dokumentasi dapat dikategorikan ke dalam dua media, yaitu:

  1. Softcopy, yaitu dokumentasi dalam bentuk file yang disimpan di dalam harddisk, CD, DVD, Flash Disk, atau media penyimpanan lain.
  2. Hardcopy, yaitu bentuk dokumentasi melalui media kertas dengan berbagai pilihan kualitas, mulai dari kertas HVS hingga kertas foto.

Di dalam dokumentasi berupa hardcopy, Anda perlu memperhatikan dan menyesuaikan setting warna tampilan monitor komputer Anda dengan printer atau mesin cetak foto. Biasanya setting mode yang digunakan untuk keduanya adalah RGB (Red-Green-Blue).

Untuk mencetak foto, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Setting warna monitor PC (Personal Computer) dan mesin cetak foto.
  2. Resolusi gambar.
  3. Setting ukuran gambar.

Setting Warna Monitor PC dan Mesin Cetak Foto

Seperti telah disinggung pada bagian sebelumnya, bahwa seringkali seseorang merasa tidak puas atas hasil cetak foto digital. Mereka telah bersusah payah membuat karya-karya dengan kombinasi warna yang menarik, namun ketika dicetak ternyata timbul perbedaan komposisi warna hasil cetak dengan apa yang diharapkan. Masalah ini dapat dise-babkan oleh salah satu (bahkan perpaduan) kemungkinan-kemungkinan berikut:

  1. Perbedaan setting monitor PC dengan mesin cetak foto.
  2. Adanya proses setting warna ulang (koreksi) oleh operator mesin cetak foto.

Untuk mengatasi masalah pertama, Anda dapat melakukan trial and error dengan memanfaatkan berbagai fitur Adjustment Photoshop. Untuk efisiensi biaya, Anda dapat mencetaknya pada ukuran-ukuran kecil terlebih dahulu, misalnya dengan mengisi empat gambar dengan kombinasi komposisi warna yang berbeda pada kertas ukuran 4R.

Setting Empat Gambar pada 4R

Untuk permasalahan kedua, Anda dapat mengatasinya dengan meminta operator mesin cetak untuk tidak mengubah (koreksi) terhadap komposisi warna foto. Karena biasanya secara prosedur, operator dengan sendirinya akan melakukan koreksi terhadap foto-foto yang dianggap belum memiliki komposisi yang baik.

Resolusi Gambar

Poin kedua yang perlu diperhatikan pula adalah resolusi gambar/foto. Untuk keperluan cetak foto Anda memang masih dapat menggunakan resolusi minimal 72 ppi (pixels/inch) dengan setting ukuran kertas aktual (misalnya ukuran 10R atau 10,2 cm x 15,2 cm). Namun untuk menjaga kualitas ketajaman foto, direkomendasikan untuk menyimpan dan mencetak foto dengan resolusi 300 ppi pada ukuran aktual. Sebaiknya pengaturan resolusi dimulai pada setting awal kamera digital Anda.

Setting Ukuran Gambar

Poin terakhir yang perlu diperhatikan sebelum mencetak foto adalah setting ukuran gambar. Setting ukuran gambar (dalam file) dapat dilakukan melalui menu Image > Image Size…/Canvas Size… Berikut adalah tabel yang memberikan informasi mengenai berbagai macam ukuran kertas foto yang lazim digunakan:

Tipe kertas

Ukuran dalam cm

2R

6 x 9

3R

8,9 x 12,7

4R

10,2 x 15,2

5R

12,7 x 17,8

6R

15,2 x 21

8R/ 10R

20,3 x 25,4

10R J

20 x 30

11R

27,9 x 35

12R

30 x 40

12R J

30 x 45

16R

40 x 50
20R

50 x 60

20R J

60 x 80 (90)

Perlu diketahui juga bahwa setiap jasa cetak foto memberikan informasi yang sedikit berbeda (tidak signifikan) satu sama lain terkait dengan ukuran kertas foto. Biasanya perbedaan tersebut hanya dalam satuan milimeter dan disebabkan perbedaan produsen mesin dan kertas foto. Untuk memastikan ukuran yang tepat, ada baiknya Anda menanyakan terlebih dahulu informasi ukuran yang lebih tepat kepada operator jasa cetak foto.

Variasi dan Kualitas Kertas Foto

Terkait dengan kertas foto, selain ukuran masih terdapat berbagai variasi kualitas kertas foto, antara lain adalah:

  • Kertas glossy, kertas ini memiliki ciri khas permukaannya yang mengkilap dan menghasilkan warna cerah dan yang relatif tajam.
  • Kertas doft, kertas ini disebut juga dengan matte yang memiliki ciri khas permukaan yang tidak mengkilap (redup) sehingga warna yang dihasilkan cenderung lebih lembut (soft).
  • Kertas laminasi, pada dasarnya kertas laminasi adalah kertas glossy atau doft yang telah dimodifikasi sehingga nampak lebih artistik, misalnya lapisan kanvas atau warna kilap.

Dari berbagai ukuran dan variasi kualitas kertas, Anda dapat meng-hasilkan banyak sekali perpaduan seni dengan media output yang sangat beragam pula.

dunia-print.com

One thought on “Tips Mencetak Foto Agar Hasil Lebih Maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published.