Tips Mencetak Undangan Murah Meriah

Mencetak undangan yang murah meriah memang keinginan semua orang. Namun kenyataannya yang sering terjadi adalah ketika harganya murah, hasilnya tidak baik alias jelek. Sementara jika ingin mendapatkan hasil yang baik maka harganya tidak murah lagi. Itulah yang sering dihadapi oleh kebanyakan pasangan yang ingin membuat undangan pernikahan. Maka seringkali orang hanya pasrah, karena merasa tidak ada anggaran yang cukup lalu membiarkan dirinya mendapatkan undangan yang kurang baik.

 

Contoh kasus : ada pasangan yang ingin menikah, kemudian ingin membuat undangan. Karena anggaran untuk cetak undangan cuma 500 ribu, yang terbayang oleh mereka adalah undangan yang harganya Rp 1.000/exp. Rencananya mereka akan mengundang 400-an orang. Jadi buat mereka harga Rp 1.000/exp adalah harga nett. Tidak bisa ditawar lagi.

 

Lalu bagaimana caranya agar pasangan tersebut bisa mendapatkan undangan yang murah dan baik? Saran saya adalah Anda kerjakan sendiri! He..he…”Gubrak!!..Itu mah sama aja bo’ong..!”.Mungkin begitu ungkapan Anda (sambil tepok jidat). Tetapi…Mohon maaf saya sama sekali tidak sedang bercanda. Saya serius. Mendapatkan undangan murah meriahsangat masuk akal jika dikerjakan sendiri tanpa menyuruh orang lain. Dan itu mudah.

 

Mungkin Anda merasa itu hal yang mustahil karena sama sekali tidak mengerti caranya. Justru itu sekarang saya ingin memberitahu Anda rahasianya. Jika Anda sudah mengetahui rahasianya, tidak ada yang sulit asalkan mau mencoba. Jadi..silakan membaca terus.

 

Berikut ini adalah rahasia mendapatkan undangan murah meriah:

 

  1. Beli undangan blanko.

Undangan blangko alias undangan yang sudah jadi desainnya tapi kosong tulisannya adalah pilihan yang paling tepat bagi orang yang memiliki anggaran terbatas. Selain itu, Anda tidak perlu memikirkan desain lagi karena desain telah tersedia.  Anda tinggal memilih desain yang Anda suka dan menyiapkan teksnya.

Banyak tersedia undangan blanko yang siap dicetak isinya dengan harga mulai dari Rp 500 hingga Rp 5.000 / exp.

 

  1. Setting sendiri teks undangannya.

Istilah “setting” di dunia percetakan maksudnya adalah membuat format dokumen sedemikian rupa sehingga dokumen tersebut siap untuk dicetak. Tentu saja ini bukan sekedar mengetik teks di komputer. Kabar baiknya, untuk men-nyetting undangan seperti itu Anda tidak perlu menggunakan software grafis yang canggih-canggih. Untuk orang awam, cukup menggunakan MS Word saja. Karena yang dibutuhkan hanyalah teks yang diketik dengan rapi dan sesuai ukurannya dengan blanko undangan yang sudah dibeli.

 

  1. Carilah percetakan yang “Menerima Ongkos Cetak”

Bagi Anda yang awam di dunia percetakan, mungkin bingung dengan istilah “Menerima Ongkos Cetak”. Bukankah semua percetakan seperti itu? Jika tidak menerima ongkos cetak, mereka menerima apa? Kira-kira begitulah yang terpikir di benak orang awam.

 

Kenyataannya tidak semua percetakan “menerima ongkos cetak”. Ada percetakan yang memberikan layanan “paket”. Maksudnya, yang layanan paket ini cenderung mengarahkan Anda untuk terima beres sehingga Anda cukup duduk manis saja di rumah. Anda tidak mengikuti ataupun mengetahui semua proses yang dilalui sehingga undangan jadi. Ini memang lebih nyaman buat Anda, tetapi konsekuensinya biayanya jadi mahal. Sementara tujuan Anda adalah ingin mendapatkan harga yang murah. Maka percetakan jenis ini tidak perlu didatangi.

 

Anda hanya perlu mendatangi percetakan yang di depan tokonya terpampang tulisan “MENERIMA ONGKOS CETAK”. Maksud dari “MENERIMA ONGKOS CETAK” adalah Anda cukup membayar ongkos cetaknya saja. Undangan blangko yang sudah Anda beli sebelumnya Anda bawa ke percetakan tersebut. Tanyakan pula kapan bisa jadinya dan berapa biayanya.

 

  1. Bawa ke Tukang Sablon.

Alternatif lain selain cetak ofset adalah cetak sablon. Undangan blanko yang sudah Anda beli bisa juga dibawa ke tukang sablon. Tugas Anda hanya menyiapkan teks undangannya, lalu berikan kepada tukang sablon agar dicetak sesuai yang Anda inginkan.

 

Demikian rahasia mendapatkan undangan murah dan baik. Sebetulnya ini bukanlah rahasia jika sudah lama berkecimpung di dunia percetakan. Tetapi bagi orang awam, mudah-mudahan rahasia ini bermanfaat. Selamat mencoba!

 

Anda baru saja membaca artikel tentang Mencetak undangan murah meriah, semoga bermanfaat. Informasi dari berbagai sumber.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.