Trend Cloud Belum Banyak Diminati di Indonesia

Info Mesin Cetak – Fetra Syahbana Manager dari F5 Network mengungkapkan bahwa tren Cloud di Indonesia belum terlalu populer. Padahal dengan Cloud kita bisa menyimpan data di ruang penyimpanan awan atau dalam bahasa inggris Cloud. Jika kamu memiliki berbagai aplikasi yang harus di pasang dan terbatas dalam ruang penyimpanan maka Cloud adalah solusi terbaik yang bisa di jadikan alternatif.

Info Mesin Cetak
Info Mesin Cetak
: Fetra Syahbana Manager dari F5 Network

Isu Keamanan dari Cloud memang sedang menjadi sorotan, mungkin hal ini yang menyebabkan pengguna Cloud juga tidak naik secara seknifikan. Belum lama ini Cloud milik salah satu perusahaan penyedia layanan Cloud pernah di retas dan menyebabkan foto beberapa artis dunia tersebar. Keamanan tersebut juga menjadi perhatian di Indonesia kemudian terbentuklah Badan National Cyber.

Pembuat aplikasi juga lebih banyak menggunakan penyimpanan Cloud  untuk menyimpan data mereka ketimbang  menyimpan data di data center. Karena menyimpan data di Cloud akan lebih fleksible dan  pertimbangan harga yang di tawarkan lebih murah.

Hal tersebut sudah terbukti dengan hasil survei yang di lakukan F5 Network, responden yang di teliti banyak yang menyatakan pendapatnya bahwa ada kemungkinan besar, aplikasi perusahaan akan di pindahkan ke cloud.

Hanya 41 % dari responden yang di teliti mengatakan 0-24 % aplikasi yang mereka miliki di perusahaan akan di pindahkan ke Cloud. dan 25% dari responden yang memberikan pendapatnya  bahwa 25-50 % akan pindah ke penyimpanan Cloud. dan 5 % responden akan memindahkan seluruh data mereka ke Cloud.