Trend Flat Desain dan Cara Membuatnya

Info Mesin Cetak – Beberapa tahun belakangan ini tren desain semakin beragam. Desain yang simple namun memiliki arti di dalamnnya juga semakin di gemari. Karena sekarang flat desain semakin di gemari.

Apakah anda sudah tau apa itu flat desain ? flat desain adalah desain yang tidak memiliki effect gradasi, glossy, shadow dan lain-lain. Flat desain tampil dengan bentuk simple dan menggunakan perpaduan warna yang menarik. Mengapa flat desain lebih banyak di senangi ketimbang desain yang lainnya? Karena generasi sekarang lebih memilih sesuatu yang simple dan tidak ribet.

Info Mesin Cetak
Info Mesin Cetak : Windows logo tahun 1985 hampir mirip dengan Windows logo tahun 2012.

Jika kalian sering memperhatikan desain, pasti flat desain sudah banyak di aplikasikan di berbagai media.  Sebenarnya flat desain sudah ada sejak dulu. Hal ini di karenakan pada zaman dahulu program pengolah gambar atau grafis belum terlalu berkembang dan masih sangat terbatas,belum ada gradasi dan efek yang bermacam-macam. Terbatasnya perkembangan teknologi hardware juga berpengaruh saat itu seperti kapasitas RAM yang sedikit, CPU sampai pixle display.

Info Mesin Cetak
Info Mesin Cetak : Android Icon yang menggunaan flat desain

Akhir ini flat desian kembali tren berkat Microsoft  yang mengeluarkan OS Windows Phone pada mobile phone mereka. Pada icon-icon yang ada di iPhone pun sekarang juga mengunakan flat desain. Bagaaimana ciri-ciri dari flat desain ?

  • Bentuknya yang flat alias 2D
  • Desain yang simple dan minimalis
  • Tidak ada gradasi pada desain
  • Biasanya flat desain meiliki sudut yang lancip pada desain
  • Pemakaian warna yang kontras dan berbeda
  • Tidak memakai memakai efek macam-macam seperti efek 3D, bevel , jika ada shadow, juga menggunkan flat shadow.

 

Artikel terkait Cara Membuat Long Shadow di Photoshop dan Tutorial Long Shadow dengan Corel Draw

 

Jika kalian ingin membuat flat desain, di butuhkan  kreatifitas dan kecerdasan dalam mengolah warna, bentuk dan gambar. Lalu bagaimana cara membuatnya ? berikut beberapa point penting saat ingin membuat flat desain.

  1. Jangan lupakan tujuan dari flat desainInfo Mesin Cetak

Karena flat desain memang mengusung 2D jadi jangan menggunakan beberapa effect seperti tekstur, gradient dll. Buat efek –efek pada flat desain sesimple mungkin untuk mewakili bentuk yang akan kalian buat.

  1. WarnaInfo Mesin Cetak

Warna dapat di gunakan sebagai media penyaluran  sebuah informasi. Jadi gunakan warna sesuai dengan maksud, jangan mencampur adukan warna yang  justru akan membuat makna menjadi kacau dan rancu. Penggunakan warna yang asal-asalan akan memberikan sebuah informasi yang salah.

  1. TypografiInfo Mesin Cetak

Font juga memegang sebuah peranan penting dalam sebuah desain. Harus di ketahui bahwa penggunaan font yang tidak tepat dapat menghilangkan estetika dalam flat desain.  Jika kalian meneliti, font yang di gunakan Mocrosoft biasanya Sogoe UI karena bentuk yang simple namun tegas.

  1. FlatInfo Mesin Cetak

Flat yang di maksud dalam Flat desain ini berarti, gambar harus memiliki makna singkat padat dan jelas. Bukan flaat gambar yang sepi tidak menunjukan arti apapun.