Tutorial Cetak Foto Supaya Gambar Tidak Pecah

Cetak murah – Saat mencetak sebuah foto entah itu dicetak sendiri atau pun di cetakkan terkadang hasilnya tak sesuai dengan yang diharapkan. Banyak sekali masalah yang dalam hal cetak foto entah itu karena ukurannya yang tidak sesuai dengan yang diharapkan, ada juga gambar yang pecah dan juga terkadang kecerahan foto yang tidak sesuai dengan aslinya.

jenis kertas
Cetak foto

Sebenarnya cetak foto memang hal yang mudah jika anda tau cara- cara yang tepat, sehingga perlunya jika anda tau terlebih dahulu mengenai cara cetak foto yang tepat sehingga hasilnya tidak mengecewakan.  Berikut ini merupakan cara atau tips cetak foto :

  1. Menentukan ukuran foto yang hendak dicetak

Ukuran merupakan hal yang terpenting, karena untuk cetak foto ini akan ada standarisasi tersendiri. Seperti KTP yang menggunakan ukuran 2×3 cm sehingga dengan ukuran yang pas saat dicetak pun akan sesuai. Berikut ini contoh ukuran cetak foto :

Ukuran 2R dengan ukuran 6x9cm

Ukuran 3R seperti untuk ukuran kartu pos

Ukuran 8R biasanya juga 10R ( untuk foto sehari – hari)

  1. Resolusi gambar yang ingin dicetak

Resolusi juga merupakan salah satu hal yang penting  karena biasanya ada ukuran cetak maksimal dalam pada setiap resolusi dalam gambar agar foto itu tidak pecah saat di foto.

  1. Printer yang digunakan

Sebenarnya belum terlalu banyak printer yang mencetak foto dengan kulitas terbaik. Terutama yang kualitas yang tinggi. Mungkin karean harganya yang mahall. Tapi salah satu yang memiliki jenis yang baik yaitu Epson R230. Printer ini telah memiliki kualitas hasil cetak yang prima dengan 6 warna.

jenis kertas
Epson R230
  1. Jenis kertas foto yang digunakan

Jenis kertas merupakan salah satu cara yang bisa memperbaiki foto, karena jika jenis kertasnya bagus pasti hasilnya juga akan mengikuti. Sehingga sebelum cetak sebaiknya anda tau dulu jenis kertasnya.

jenis kertas
Jenis kertas

Jika nada tak ingin repot untuk cetak foto maka cetakkan saja di cetak murah Mangrove Grafindo Jokteng yang beralamat di Jalan Mayjend Sutoyo No.87A , atau hubungi No.telp 081 329 116 766.