fbpx

Cara Mengatur Resolusi Gambar Agar Tidak Pecah Saat di Cetak

Info Mesin Percetakan – Sudah baca Mengenal Teknik Masking di Photoshop ? jika sudah mari kita belajar juga , Cara Mengatur Resolusi Gambar Agar Tidak Pecah Saat di Cetak. Apakah pernah menemukan gambar menjadi buram saat pross cetak selesai ? Mungkin anda pernah menggalami ini. Jika hal ini pernah anda almi mungkin gambar / image yang anda cetak kurang resolusinya. Resolusi gambar dapat di perbesar melalui Aplikasi penggolah gambar yang sudah sering kita dengar, sebut saja Photoshop dan teman-temannya.

Sebelum kita membahas bagaimana cara untuk membuat gambar agar tidak pecah, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Resolusi pada gambar. Menurut Wikipedia, ‘Resolusi gambar’ mendeskripsikan tentang banyaknya detail gambar yang tersimpan. Resolusi gambar bisa juga digunakan untuk mendefinisikan tentang gambar digital, video, maupun yang lainnya.
Pada Photoshop Resolusi gambar menggunakan satuan DPI namaun biasanya hanya di sebut DPI saja. Sesuai dengan pengertian Resolusi Gambar di atas, maka semakin besar resolusi dpi sebuah gambar / image maka gambar / image akan semakin halus karena image terbuat dan tersusun dari banyak titik-titik dpi per-inci nya. Jika Resolusi gambar memiliki banyak titik-tikik dpi yang banyak ukuran file gambar yang di hasilkan juga akan semakin besar.
Info Mesin Percetakan
Ilustrasi : Menjelaskan bagaimana jumlah pixel memengaruhi kualitas gambar dengan ukuran yang sama.
Sekarang mari kita bahas bagaimana caranya kita mengubah gambar/image yang beresolusi kecil menjadi memiliki dpi yang besar. Hal ini sangat di perlukan saat kita ingin mencetak sebuah gambar/image. Untuk mendapatkan hasil yang bagus maka resolusi minimal yang harus digunakan adalah 300/inci. Bagaimana caranya ?
Untuk mengubah resolusi gambar melalui Photoshop kita cukup mengaturnya melewati :
image → image size seperti gambar dibawah ini. Atau dengan menekan Alt+Ctrl+I.
Info Mesin Percetakan
Setelah itu akan keluar kotak dialog seperti gambar di bawah ini. lalu ubahlah Ubah Resolution menjadi 300 pixels.
Info Mesin Percetakan

Untuk tambahan, jika kalian membuat project editing sebuah poster, brosur dll atur resolusi gambar sekalian saat pembuatan desain di lakukan dan jangan lupa untuk menggunakan format gambar PSD karena jika resolusi gambar  / image terlalu kecil saat penyimpanaan dan desain sudah jadi dalam bentuk JPG maka gambar tidak bisa lagi di maksimumkan lagi.

Demikian Cara Mengatur Resolusi Gambar Agar Tidak Pecah Saat di Cetak semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman, baca juga artikel dari Membuat Efek Lensa Fisheye atau Lensa Cembung Pada Foto untuk mengetahui bagaimana cara mengedit gambar menjadi efek lensa fisheye.


Info Bikin Photobook Termurah ?

Simak Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.