fbpx

Lagi,Tulang Rusuk Buatan 3D Printer-Info Berita Printing

Info Berita Printing-Tak ada habisnya jika membicarakan inovasi-inovasi terbaru yang di kembangkan dari sebuah teknologi 3D Printer. Kali ini untuk yang pertama kalinya seirang pasien pengidap kanker nerima implantasi tulang dada dan tulang rusuk yang di buat dengan menggunakan Printer 3D. Dan kali ini bahan yang di gunakan untuk membat itu adalah berbahan titanium .

bentuk printer 3D Arcam
bentuk printer 3D Arcam

Pasien tersebut adalah pria asal Spanyol yang berusaia 54 tahun .Beliau pengidap tumor kanker yang tumbuh di dinding dada.Dalam kasus tersebut,tumbuh sekitar tulang dada dan bagian dari tulang rusuknya.

Tulang rusuk termasuk bentuk yang bisa di bilang cukup sulit atau kompleks dan sulit untuk di tiru.Namun dalam kasus seperti ini, bahan yang di gaunakan adalah titanium datar yang di gunakan untuk memperkuat dtruktur tulang rusuk ini meskipn sebenarnya hal itu adalah bukan pilihan yang tepat karena lempengan terseut dapat terlepas dan bisa meningkatkan resik komplikasi.

Tapi pencetakan 3D saat ini menjadikan lempengan tersebut sebagai pilihan yang layak untuk menciptakan implan yang di rancang khusus untuk pasien dengan cedera seperti itu.

Untuk menciptakan implan ini,Anatomics engirimkan file ke laboratorium pencetakan 3D milik CSIRO,yaitu Lb 22 yang memiliki 3d printer ARCAM seharga 1,3 juta .Printer Arcam in dapat mencetak dalam bentuk loga dan bekerja denga menggunakan berkas elektron kuat yang melelehkan bubk logam ke ojek 3D dengan cara lapis demi lapis denga sempurna.